Lakukan 5 Cara ini Untuk Memperbaiki Mac dan Macbook yang sering Mati


LAKUKAN 5 CARA INI UNTUK MEMPERBAIKI MAC DAN MACBOOK YANG SERING MATI


FORDIASI.COM | KOMPUTER - Apakah sobat fordiasi sekarang menggunakan komputer pribadi terkenal yang diproduksi oleh Apple, seperti Imac atau Macbook dengan seri sebelumnya? Jika ya, apakah semua sobat fordiasi tiba-tiba pernah mengalami masalah, Mac atau MacBook Anda sering mati sendiri?


Jika ternyata memang Mac atau MacBook yang sobat punya sering mati, berarti telah terjadi sesuatu pada Mac/Macbook yang sobat miliki. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang 5 cara mengatasi Mac dan MacBook yang sering mati, yang dijamin work dan dapat teratasi dengan baik.


Pelajari tentang masalah kenapa Mac dan MacBook sering mati


Mengetahui masalah mengapa Mac dan MackBooks sering mati adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Mengapa demikian? Karena langkah ini akan menentukan tindakan apa yang harus Anda lakukan di suatu saat kelak jika terjadi case serupa.


Misalnya, dari penelusuran yang dilakukan sobar fordiasi, kerusakan tersebut diduga ada pada software komputer. Dengan begitu, sobat fordiasi bisa memperbaikinya sendiri menggunakan tips dari tim fordiasi. Tetapi jika perangkat kerasnya rusak, suka atau tidak suka, Anda harus membawa komputer ke pusat layanan Apple, dll. karena jika berhubungan dengan perangkat keras/hardware, hanya service center yang dapat memperbaikinya, tentu dengan mengganti spart part yang baru.


Kedengarannya tidak mudah, tetapi jika sobat fordiasi  mengetahui masalah yang dialami, mereka dapat dengan mudah menentukan langkah apa yang harus diambil. Hal ini karena pada kenyataannya Mac atau MacBook tidak sama dengan komputer dan laptop pada umumnya. Ada kerumitan yang sangat rumit, jadi jika masalahnya ada di perangkat keras / hardware, tidak disarankan untuk teman-teman memperbaikinya sendiri.

$ads={1}


Jika masalah terjadi pada software, sobat bisa melanjutkan membaca artikel di bawah ini ;


Jalankan Mac atau MacBook Anda dalam mode aman


mode aman mac thumb1200 4 3


Jika Anda memiliki Mac atau MacBook yang sering mati saat boot secara normal, Anda dapat memperbaikinya terlebih dahulu dengan meletakkan OS X atau macOS dalam mode aman. Secara umum, mem-boot ke mode aman seperti ini dapat mengisolasi masalah perangkat lunak apa pun yang menyebabkan Mac mati secara tidak terduga.


Namun, perlu diingat bahwa proses startup safe mode bisa memakan waktu lama karena Mac OS X atau macOS harus melakukan berbagai aktivitas, seperti verifikasi disk, dll. Kemudian jika sobat sudah berhasil booting sobat bisa keluar dari safe mode dengan cara restart Mac.Tapi ingat, dalam proses restart jangan tekan tombol apapun.


Gunakan Diagnostik Apple atau Uji Perangkat Keras


Diagnostik Apple, atau juga dikenal sebagai Apple Hardware Test, adalah teknik Apple untuk mendeteksi kerusakan perangkat keras pada komputer digital Apple Anda. Jika malfungsi ditemukan dalam proses diagnostik, sobat fordiasi akan dapat segera mengetahuinya.


Sebenarnya, menggunakan komputer Apple itu unik dan enak. Untuk menggunakan perangkat yang telah kita beli, kita benar-benar dapat memegang kendali penuh atas perangkat kita.


Instal ulang Mac


Cara keempat ini adalah cara termudah untuk memperbaiki Mac dan MacBook yang sering mati sendiri, menginstal ulang MacO dari awal. Setelah instalasi, semua masalah pada Mac Anda akan langsung teratasi.

$ads={2}


Sama halnya ketika Anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi, ketika Anda menginstal ulang MacOs membuat MacBook Anda sering mati dengan sendirinya, Macbook Anda akan sangat ringan. Ini karena file sampah, virus, atau perangkat lunak komersial yang ditemukan di Mac atau MacBook Anda dihapus secara permanen.


Meskipun mudah, menginstal sistem operasi ini dapat mengakibatkan hilangnya file dan pengaturan teman Anda jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum menginstal ulang, akan lebih baik jika semua data teman Anda disimpan atau dibackup dengan benar.


Bawa ke service center terdekat


Jika ternyata semua cara yang telah Anda lakukan di atas tidak berdampak pada masalah, Mac atau MacBook Anda sering mati, maka langkah terakhir ini adalah membawanya ke Service Center. Ini karena masalah yang terjadi pada MacBook Anda lebih dari sekadar masalah umum.


Dengan membawanya ke service center, sobat akan bisa mengetahui secara pasti kerusakan apa saja yang terjadi pada MacBook miliknya. Dengan begitu, sobat bisa tenang dan tahu pasti kapan dan bagaimana menangani semua yang ada di Mac atau MacBook miliknya.


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama