Mengenal Apa itu CRM, dari Pengertian, Fitur dan Keuntungannya

MENGENAL APA ITU CRM, DARI PENGERTIAN, FITUR DAN KEUNTUNGANNYA


FORDIASI.COM | BUSINESS - CRM ( Customer Relationship Management ) atau yang diartikan sebagai Manajemen hubungan pelanggan adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).


FITUR CRM


Saat kamu mencari program CRM, penting untuk mengetahui apa yang kamu butuhkan. Berikut adalah fitur umum yang akan kamu temukan dalam sistem CRM sehingga kamu dapat memutuskan mana yang terbaik untuk melayani bisnis kamu.


1. Otomatisasi alur kerja


Otomatisasi alur kerja adalah dasar bagaimana sistem kamu bergerak dan tindakan otomatis dalam perangkat lunak. Misalnya, kamu dapat mengatur perangkat lunak untuk secara otomatis mengirim pesan ke perwakilan penjualan setiap kali pelanggan mengisi formulir di situs web kamu. Fitur ini memindahkan prosedur dan data tertentu di dalam program kamu, meminimalkan beban kerja kamu, dan menangani detail kecil tugas penjualan dan pemasaran tim kamu.


2. Pelaporan


Laporan CRM memecah data penjualan dan pemasaran kamu untuk membantu kamu lebih memahami dan menganalisis prospek, perilaku pembelian pelanggan, jumlah panggilan keluar yang dilakukan tim kamu, dan metrik pemasaran penting lainnya. Beberapa CRM menawarkan lebih banyak jenis laporan daripada yang lain – dengan beberapa memungkinkan kamu untuk menyesuaikan metrik pelaporan kamu sendiri – dan lebih banyak cara untuk melihat data, seperti dalam grafik batang atau diagram lingkaran.

$ads={1}


3. Manajemen Data Pelanggan


Memahami pelanggan kamu adalah langkah pertama dalam menjalankan bisnis yang sukses. Alat manajemen data pelanggan memungkinkan kamu mengatur data pelanggan dengan jelas, membantu kamu meningkatkan hubungan pelanggan.


4. Kustomisasi


Menjadikan CRM kamu sendiri akan mengurangi kurva pembelajaran dalam menggunakannya dan memastikan CRM memberikan informasi yang kamu butuhkan. Ketika sebuah program dapat disesuaikan, kamu dapat memilih fitur yang kamu inginkan dan membentuk bidang kontak, dasbor, laporan, ekstensi, dan plugin untuk mendukung kebutuhan dan anggaran kamu.


5. Integrasi Pihak Ketiga


Integrasi CRM pihak ketiga menyediakan lebih banyak alat untuk digunakan dalam sistem kamu. kamu dapat menghubungkan CRM kamu ke program dengan fitur yang mungkin tidak dimiliki CRM, seperti pemasaran email atau perangkat lunak akuntansi kamu. Ini menyelamatkan kamu dari memasukkan data secara manual yang sudah kamu miliki di program lain, terus-menerus berpindah antar aplikasi, dan menghabiskan uang untuk alat tambahan untuk CRM Anda.


Untuk memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari sistem CRM kamu, jelaskan apa yang kamu cari dan butuhkan sebelum membeli. Ini akan mencegah kamu membayar lebih untuk fitur yang tidak akan pernah kamu gunakan.


CARA MEMILIH SOFTWARE CRM YANG TEPAT


1. Tetapkan Anggaran


Biaya CRM bervariatif, dari yang free hingga lebih dari $200 atau sekitar Rp. 2,500,000,-, jadi sebaiknya tetapkan anggaran pengeluaran kamu sebelum mulai berbelanja. Lebih mudah untuk mempersempit pilihan kamu dengan menghilangkan CRM di luar kisaran harga kamu sebelum kamu menelusuri set fitur dan paket layanan.


2. Buat Daftar Fitur


Jumlah tools dan fungsi bahkan dalam sistem Customer Relationship Management yang paling dasar pun bisa sangat banyak. Untuk kejelasan, buat daftar fitur CRM yang harus kamu miliki dan fitur yang akan menyenangkan untuk dimiliki tetapi tidak penting. Ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan feedback dari orang lain di perusahaan kamu yang akan menggunakan CRM. Mereka mungkin merekomendasikan fitur yang tidak kamu pikirkan atau hilangkan yang kamu pikir akan mereka butuhkan.

$ads={2}


3. Kumpulkan referensi dari Perusahaan yang sama bidangnya dengan Bisnis kamu


Di pasar teknologi penjualan yang cukup pesat, memilih CRM yang tepat bisa menjadi hal yang menakutkan. Rekomendasi dari orang-orang yang memahami kebutuhan industri kamu dari dalam sangat berharga.


4. Menilai pasar saat ini


Ruang CRM berubah dengan cepat seiring dengan peningkatan teknologi, sehingga solusi yang pernah kamu dengar sebelumnya mungkin bukan lagi pilihan terbaik untuk saat ini. Situs web bisnis kecil dan publikasi perdagangan adalah cara terbaik untuk melihat apa yang saat ini populer – dan apa yang tidak.


5. Baca Ulasan / Testimoni Pelanggan


Saat daftar kandidat CRM kamu bertambah, luangkan waktu untuk membaca ulasan pengguna yang kamu temui. kamu akan mendapatkan lebih banyak wawasan tentang bagaimana kinerja masing-masing solusi di dunia nyata daripada yang kamu dapatkan dengan membaca tentang mereka di situs web vendor.


6. Uji Pilihan utama kamu


Pada titik ini, kamu akan mengetahui CRM mana yang paling potensial, jadi ambil masing-masing pesaing ini untuk uji coba. Sebagian besar perusahaan menawarkan uji coba secara gratis, jadi cobalah sebanyak mungkin sebelum menghabiskan uang untuk solusi sebelum menggunakannya. Sales marketing biasanya akan menjawab pertanyaan apa pun yang kamu miliki atau menunjukkan demo produk mereka, tetapi ingat bahwa tugas mereka adalah mempresentasikan CRM mereka dengan sebaik mungkin, jadi menggunakan software itu sendiri adalah cara terbaik untuk mengujinya, bukan dari presentasinya.


7. Buatlah Keputusan


Setelah kamu melakukan pengujian secara tuntas, inilah saatnya untuk membuat pilihan. hal ini memang membutuhkan beberapa waktu yang tidak sebentar untuk mengerjakan semua langkah ini, tetapi ini adalah waktu yang dihabiskan dengan baik untuk investasi dijangka panjang.


5 KEUNTUNGAN SOFTWARE CRM


Lokasi terpusat di mana karyawan kamu dapat mencatat semua komunikasi pelanggan dan membangun kampanye pemasaran yang dapat menguntungkan bisnis kamu dalam berbagai cara. CRM menawarkan perusahaan kamu kemampuan berikut:


1. Mengatur dan memelihara informasi pelanggan. Perangkat lunak CRM sangat ideal untuk perusahaan yang perlu menggunakan data terbaru untuk melayani pelanggan mereka. Ini adalah manfaat paling mendasar namun penting yang dapat diberikan perangkat lunak CRM untuk bisnis kamu.


2. Perkirakan proses penjualan kamu. Perangkat lunak CRM memungkinkan kamu memprediksi penjualan di masa mendatang berdasarkan data penjualan sebelumnya. Laporan dan wawasan penjualan adalah kunci bagi perusahaan untuk memproyeksikan kebutuhan dan biaya di masa depan.


3. Merampingkan dan menskalakan siklus penjualan kamu. Dengan data yang kamu terima dari perangkat lunak CRM, kamu dapat merampingkan proses penjualan dan memotong langkah-langkah yang tidak perlu. kamu akan melihat jenis komunikasi mana yang berhasil dan mana yang tidak. Saat kamu perlu meningkatkan proses penjualan kamu, perangkat lunak CRM juga dapat membantu kamu.


4. Otomatiskan alur kerja kamu. Perangkat lunak CRM mengotomatiskan entri data dan tugas administratif, memungkinkan tim kamu untuk fokus membangun hubungan pelanggan yang bermakna. Otomatisasi alur kerja juga meminimalkan potensi kesalahan manusia.


5. Libatkan dan bangun hubungan pelanggan. Perangkat lunak CRM membantu tim kamu terlibat dan membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan. Dengan menggunakan data yang disimpan di CRM kamu, tim kamu dapat melacak informasi pelanggan dan memenuhi interaksi mereka untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan.


(H/S)


Referensi:

- www.businessnewsdaily.com

- www.wikipedia.org

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close