Mengenal Apa itu Dana Darurat dari Pengertian, Cara Menyiapkan dan Kebutuhannya


MENGENAL APA ITU DANA DARURAT DARI PENGERTIAN, CARA MENYIAPKAN DAN KEBUTUHANNYA


FORDIASI.COM | FINANSIAL - Dalam artikel kali ini aku akan membahas tentang :


  • Apa itu Dana Darurat ?
  • Haruskah kamu tetap menyiapkan dana darurat walaupun kamu masih memiliki hutang/cicilan ?
  • Berapa banyak uang yang harus kamu siapkan untuk dana darurat ?
  • Haruskah menyimpan dana darurat di rekening terpisah ?
  • Dapatkah kartu kredit digunakan sebagai dana darurat ?
  • Bagaimana cara menyiapkan dana darurat ?


Dalam hidup tidak selamanya baik-baik saja, kadang terjadi hal yang tidak diduga.


Untuk itu dana darurat merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki.


Tapi, banyak orang yang mengabaikan tahap ini sebagai bagian dari pengelolaan financialnya.

Sebagian orang bahkan sudah memulai invetasi tanpa menyiapkan dana darurat yang cukup.



Bahkan yang lebih menyeramkan, memulai invetasi dengan berhutang.



Tanpa memiliki dana darurat, kamu bisa terjebak dalam hutang, atau menambah hutang, dan bahkan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan lainnya.



Akan menjadi menyeramkan hidup tanpa dana darurat.


Jadi, Kenapa Dana Darurat menjadi hal yang sangat penting ?


Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu memiliki dana darurat yang cukup :


  • Dana darurat dapat membantumu, jika kamu kehilangan pekerjaan. Tidak peduli seberapa aman dan nyaman pekerjaanmu, Selalu ada kemungkinan sesuatu akan terjadi dan membuatmu membutuhkan uang dengan segera. Apa yang akan terjadi jika kamu kehilangan pekerjaanmu dan kamu tidak memiliki dana darurat ?
  • Dana darurat akan lebih baik dimiliki jika kamu memiliki asuransi kesehatan yang tidak full cover. Jadi jika tiba-tiba ada biaya pengobatan yang tidak terduga dan diluar plafon asuransi, kamu bisa dengan cepat dan mudah menggunakan dana daruratmu.
  • Dana darurat akan kamu butuhkan jika kamu memiliki mobil. Kamu tidak pernah tau kapan mobilmu membutuhkan perbaikan.
  • Dana darurat juga akan kamu butuhkan jika kamu memiliki rumah. Karena terkadang muncul kerusakan yang tak terduga dan membutuhkan perbaikan segera. Seperti, pintu toilet macet, atau wastafel yang bocor, dan hal lainnya.


Dana darurat akan melindungimu dalam menghadapi banyak kejadian tak terduga.


Hal ini juga temasuk jika kamu harus membawa binatang kesayanganmu ke dokter, jika kamu harus berhenti bekerja untuk alasan tertentu, atau jika kamu harus bepergian jarak jauh untuk menjenguk keluargamu yang sakit, dan banyak lainnya.

$ads={1}


Dana darurat akan sangat bagus untuk kamu miliki karena akan membuatmu tenang jika suatu saat muncul kebutuhan mendadak dan mendesak.


Daripada menambah stress dengan hal tak terduga yang mungkin saja terjadi, paling tidak kamu bisa membayar tagihannya dan tetap focus memikirkan hal lain yang lebih penting.


Apa yang di maksud dengan dana darurat ?


Dana darurat adalah sejumlah uang yang harus kamu siapkan untuk sesuatu tak terduga yang mungkin terjadi.


Hal yang bisa saja terjadi seperti membayar bebagai kebutuhan dan tagihan jika kamu kehilangan pekerjaan (atau gajimu di potong), untuk membayar perbaikan mobil, biaya pengobatan yang tidak di cover oleh asuransi, atau lainnya seperti memperbaiki jendela atau pintu rumah yang rusak.


Apa saja yang tidak termasuk kejadian tak terduga ?


Hadiah ulang tahun, membeli TV baru, dan liburan merupakan contoh bukan kejadian tak terduga.


Dana darurat digunakan hanya untuk keperluan kamu yang penting, sifatnya darurat dan tak terduga.


Dana darurat sebaiknya kamu miliki agar terhindar dari hutang, credit card, atau bahkan pinjaman online.


Banyak sekali orang yang mengandalkan credit card sebagai dana daruratnya, hhm menurutku tidak baik.


Itu akan menyebabkanmu terjebak dalam lingkaran hutang yang sulit di control karena biaya bunga yang tinggi.


Perlukah kamu menyiapkan dana darurat jika kamu masih memiliki hutang atau cicilan ?


Iya, Perlu.


Ada banyak alasan kenapa kamu perlu menyiapkah dana darurat, dan hutang salah satu asalannya.


Aku sangat setuju bahwa kamu tetap perlu menyiapkan dana darurat walaupun kamu masih memiliki hutang/ cicilan.


Jika kamu masih memiliki hutang/cicilan, maka disarankan untuk tetap menyiapkan dana darurat


– dengan menyimpan sebagian gaji mu hingga mencapai jumlah paling sedikit 10juta – sambil tetap membayar hutangmu dengan cicilan yang paling rendah agar bunga tidak meningkat.


Diatas jumlah itu, kamu perlu menentukan sendiri berapa jumlah dana darurat yang ideal untuk kamu.


Untuk dapat memenuhi dana darurat dan membayar cicilan hutang secara bersamaan tentu tidak mudah, dan mungkin kamu perlu melakukan pekerjaan tambahan.


Alasan mengapa kamu tetap harus memiliki dana darurat walaupun kamu masih memiliki hutang adalah untuk melindungi mu agar tidak berhutang lebih banyak, dan ini akan membantu kamu untuk tetap dapat membayar cicilan hutang dengan lancar jika hal tak terduga terjadi.


Kamu sudah bekerja sangat keras untuk dapat melunasi hutangmu, dengan memiliki dana darurat akan membantumu untuk stay on track.


Berapa jumlah yang harus di simpan untuk dana darurat ?


Tidak ada jumlah pasti dana darurat yang akan cocok untuk semua orang.


Jika kamu tidak memiliki hutang, maka biasanya direkomendasikan paling sedikit tiga – enam bulan pengeluaran bulanan mu. Dan yup, Itu pengeluaran ya, bukan pendapatan.


Bahkan, beberapa orang menyimpan dana darurat sejumlah satu tahun pengeluaran mereka.


12 Bulan pengeluran mungkin terdengar terlalu banyak, tapi yah itu tergantung dari situasi kamu.

$ads={2}


Berikut ini beberapa point yang mungkin dapat membantumu untuk menentukan berapa jumlah yang harus kamu siapkan untuk dana daruratmu :


  • Status Pekerjaanmu – Jika kamu bekerja sendiri, bekerja dalam masa kontrak, atau kamu dalam proses mencoba bidang atau perusahaan baru, kamu mungkin butuh dana darurat yang lebih besar.
  • Pendapatanmu di bandingkan dengan pengeluaranmu – Jika kamu memiliki banyak pengeluaran, maka kamu membutuhkan lebih banyak dana darurat. Tapi, jika kamu tidak memiliki tagihan credit card, cicilan rumah, atau cicilan mobil, mungkin kamu hanya akan butuh sedikit saja dana darurat.
  • Tapi jika kamu memiliki mobil dan rumah – Kamu akan membutuhkan lebih banyak dana darurat jika terjadi kerusakan atau butuh perbaikan pada mobil atau rumahmu.
  • Kesehatanmu – Orang dengan keadaan sehat membutuhkan lebih sedikit dana darurat dibandingkan yang memiliki riwayat sakit tertentu – misalnya, perokok.


Dasarnya, semakin besar “risiko” yang kamu miliki maka semakin besar emergency fund yang kamu butuhkan.


Kamu yang paling tau dan bisa mengukur keadaan financial mu.


Apakah baik atau beresiko tinggi untuk dapat menentukan seberapa besar emergency fund yang kamu butuhkan.


Dan yang paling terpenting adalah kamu harus realistis dan sadar bahwa, apabila jumlah tertentu cocok untuk seseorang, bukan berarti itu akan cocok juga untuk orang lain.


Untuk ku sendiri, aku tidak memiliki hutang dan cicilan. Tapi asuransi kesehatanku hanya BPJS dan asuransi kesehatan sinarmas dari kantor, sedangkan yang swasta (prudential) hanya asuransi jiwa saja dan aku juga memiliki mobil yang kapanpun mungkin membutuhkan perbaikan.


Saat ini aku sudah mengumpulkan empat kali pengeluaran bulanan. Yang entah kenapa akhir-akhir ini pengeluaranku meningkat! Jadi mungkin aku baru mengumpulkan 3x pengeluaran bulanan.


Ya, aku masih belajar untuk bisa menyimpan uang sebanyak – banyaknya, dan memang tidak mudah!


Aku akan update akhir bulan ini tentang seberapa sehat keuanganku.


Kebanyakan orang menyimpan tiga atau enam bulan pengeluaran untuk emergency fund namun penting untuk menganalisa kembali berapa jumlah yang paling cocok dengan situasi financial mu saat ini.


Sepertinya masih banyak orang yang mungkin baru menyimpan sedikit untuk dana daruratnya.


Dan gapapa, lebih baik punya sedikit dari pada tidak sama sekali. Paling tidak kamu sudah memiliki emergency fund , yang akan membantu mu jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.


Dimanakah sebaiknya kamu menyimpan emergency fund ?


Kamu sebaiknya menyimpan emergency fund mu di tempat yang ketika kamu membutuhkan uang dengan segera, kamu dapat langsung menggunakannya.


Untuk alasan itu, kamu mungkin perlu menyimpan dana daruratmu di tempat yang mudah untuk diambil. Artinya kamu tidak mau menerima penalty ketika kamu mengambil uangmu.


Dan kamu mungkin juga tidak akan menaruhnya di investasi yang tinggi resiko seperti saham, tentunya kamu tidak ingin kehilangan uang yang kamu simpan untuk emergency fund


Aku menyarankan kamu untuk menyimpan emergency fund mu di rekening tabungan dengan hasil yang tinggi sehingga kamu bisa mendapatkan sedikit tambahan penghasilan tanpa melakukan apapun, dan bahkan bebas biaya admin!


Tapi sayangnya kebanyakan orang menyimpan uangnya di rekening dengan bunga rendah. Yang artinya, kebanyakan dari mereka kehilangan uang tanpa sadar!


Dengan Bank Jago, kamu bisa mendapatkan bunga bank 0,30% tanpa saldo minimum! Its too good to be true!


Aku biasa menggunakan rekening BCA, dan jika di bandingkan dengan BCA, bunga bank yang diberikan hanya 0,08% per Tahun dengan minimum jumlah uang yang disimpan 500.000.000.


Gilee kan!


Terlihat kan perbedaannya BESAR SEKALI dengan yang ditawarkan oleh Bank Jago.


Jika kamu hanya mendapatkan 0,08% per tahun, artinya kamu kehilangan uang mu dengan mudah.


Aku sudah memindahkan semua dana daruratku ke Bank Jago. Di BCA hanya kusisakan sedikit untuk konsumtif spending, isi bensin dan untuk menerima gaji saja.


Menyimpan uang di bank conventional biasanya menawarkan bunga bank yang sangat rendah. Itu karena mereka memiliki banyak biaya operasional – seperti biaya bangunan, membayar teller, cleaning service, dsb.


Bank Jago merupakan bank digital yang kemungkinan memiliki biaya operasional yang lebih rendah sehingga bisa memberikan mu manfaat bunga yang lebih tinggi.


Untuk mulai dan membuka rekening di Bank Jago, berikut caranya :


Daftar dengan Sangat mudah. Cukup klik disini dan daftar

Ya Kan ? Mudah Banget!


Dapatkah aku menggunakan kartu kreditku sebagai emergency fund ?


Beberapa orang menggunakan credit card sebagai emergency fund karena atas pilihannya, namun sebagian ada yang melakukannya karena terpaksa, karena mereka tidak memiliki uang tabungan.


Ini yang aku takutkan. Jika keadaan financial mu cukup beresiko, maka menggunakan credit card sebagai emergency fund merupakan pilihan yang tidak tepat.


Hal ini karena besar kemungkinan hutang credit card mu akan meningkat dan kamu tidak mampu membayar credit cardmu ketika menghadapi keadaan darurat.


Dengan mengandalkan credit card sebagai emergency fund , kamu sedang mengambil resiko yang sangat besar.

Kamu tidak pernah tau jika tiba-tiba muncul kebutuhan mendesak, seberapa besar biayanya, apakah mungkin melebihi batas credit card mu ?


Jika credit card mu, kamu gunakan untuk membayar tagihan yang mahal dan kemudian kamu tidak mampu membayar cicilan credit card mu tepat waktu.


Seberapa besar bunga pinjaman credit cardmu, Apakah mungkin bisa mencapai 20% atau bahkan lebih ?!


Jika kamu tau bahwa kamu mampu membayar tagihan yang besar dalam 1 bulan, maka menggunakan credit card sebagai emergency fund mungkin bukan hal yang buruk.


Tapi kamu tetap harus berhati2 saat akan menambah hutang apapun.


Tentunya, yang menjadi masalah adalah bagaimana jika kamu kehilangan pekerjaan ?


Kebanyakan orang memiliki emergency fund supaya jika mereka kehilangan pekerjaan mereka tetap bisa membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan sehari2.


Apa yang terjadi jika kamu mengandalkan credit card dan kamu kehilang satu-satunya sumber penghasilanmu ?


Ini akan mengarahkan mu pada hutang credit card yang menggulung dan tidak ter control.


Yang menurut ku masalah dalam menggunakan credit card sebagai emergency fund adalah dalam beberapa situasi, ini akan mengrahkanmu memperbesar hutang.


Tujuanku disini adalah untuk membuatmu jujur pada diri sendiri sehingga kamu dapat menghindari menambah hutang dan membuat situasi menjadi semakin buruk dan tidak terkontrol.


Bagaimana caranya untuk mengumpulkan uang yang cukup untuk emergency fund ?


Setelah membaca semuanya dari atas, aku yakin kamu sudah tidak sabar untuk segera mulai menyimpan emergency fund 


Membangun emergency fund mungkin akan terasa berat di awal, meskipun berat, kamu akan bahagia karena kamu sudah mempersiapkan jika suatu hari kamu mungkin membutuhkan uang untuk situasi yang penting dan mendesak.


Jika kamu ingin mulai menyimpan emergency fund, aku sarankan kamu membuka rekening akun yang berbeda untuk mulai menabung.


Berikut ini beberapa cara untuk kamu mulai mengumpulkan dana daruratmu :


  • Pisahkan sebagian gajimu dengan jumlah tertentu ke rekening tabungan setiap bulan
  • Temukan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan
  • Analisa pengeluaranmu dan simpan lebih banyak untuk dana daruratmu
  • Gunakan gaji ke-13 atau bonus atau THR untuk menambah dana daruratmu


Kamu tidak perlu khawatir jika kamu baru memulai sekarang.


Saat kamu baru memulai mengumpulkan dana darurat, dengan mudah kamu akan merasa kesulitan dan terasa berat.


Tapi, kamu jangan menyerah dengan mudah.


Setiap orang memulai dari tempat yang berbeda, dengan situasi dan kondisi yang juga berbeda.


Jika kamu memulai dana daruratmu 1juta bulan ini, kemudian bertambah menjadi 5juta, dan terus bertambah menjadi 10jt. Tentunya itu JAUH lebih baik dari pada tidak ada sama sekali.


Dengan sekali kamu berhasil menabung, kamu akan terus ingin menambahkannya.


Sehingga tabungan mu pun terus meningkat.


Kebanyakan orang sangat sulit untuk memulai.


Jika sudah dimulai akan dengan mudah meningkat dengan cepat, bertambah dan terus bertambah.


Aku rasa karena kamu melihat peningkatannya dan kamu mau melakukan apapun agar bisa tetap menabung.


Apakah kamu benar-benar butuh emergency fund ?


Ya. Kamu benar-benar butuh emergency fund . Seperti yang kamu baca di atas, ada banyak sekali manfaat dengan memiliki emergency fund .


Apakah kamu memiliki dana darurat ? kenapa ? Berapa banyak jumlah pengeluaran yang kamu simpan di dana daruratmu ?


Sumber: https://financialreceh.com/


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close