Mengenal Siapa itu Orang Dalam Perusahaan dan Apa Jabatannya


MENGENAL SIAPA ITU ORANG DALAM PERUSAHAAN DAN APA JABATANNYA


FORDIASI.COM | DUNIA KERJA - Siapa sih yang disebut sebagai orang dalam? Seringkali yang disebut orang dalam adalah memang koneksi yang kita miliki. Kita kenal dia. Dia kenal kita. Lalu dia tawarkan pekerjaan. Adakah yang salah dengan hal itu? Menurut saya, tidak. Tapi, kasihan banget si orang dalam; jadi kambing hitam.


Saya mau ceritakan 3 riwayat rekrutmen yang pernah saya alami.


1. Seorang manager (sebut saja si A) menawarkan pekerjaan kepada saya. Katanya, "Lamar aja ke sini, lagi ada lowongan." Selain saya, ada orang lain yang melamar (sebut saja si B). Dia kenal manager lain (sebut saja si C). Lalu, si A dan si C sama-sama mewawancara saya dan si B. Hasilnya, saya tidak diterima. Si B diterima karena nilainya lebih unggul. Nah, lalu apakah saya lantas mengatakan si B diterima karena kenal orang dalam yaitu si C. Tentunya tidak. Lah, bukankah saya juga kenal orang dalam yaitu si A. Beberapa bulan kemudian saya dipanggil lagi karena si B resign; dan saya diterima di situ.

$ads={1}


2. Kawan saya bernama si D, resign dari kantornya. Saya bilang ke dia, "Saya mau melamar ke situ, kan pekerjaan yang kamu tinggalkan belum ada yang isi." Saya dipertemukan dengan direktur, si E. Setelah negosiasi gaji, saya diterima di situ.


3. Seorang koneksi saya bernama si F menelepon saya, "Kamu kerja sama saya saja di sini." Saya datang, dan setelah negosiasi gaji, saya diterima di situ.


Oleh: Agus Tjahjoadi, Business Coach | Vision Corp. | bit.ly/BisnisSepenuhCinta | Provide coaching for those who want to be enterpreneur


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama