Selasih: Tumbuhan Pelengkap Es Buah


SELASIH: TUMBUHAN PELENGKAP ES BUAH


FORDIASI.COM | INFORMASI - Selasih merupakan salah satu jenis tumbuhan mirip daun kemangi yang tumbuh subur di Indonesia. Selasih dikenal sebagai obat tradisional dan pengusir nyamuk alami karna memiliki aroma yang khas. Tumbuhan ini juga menghasilkan biji kecil yang seringkali diolah menjadi campuran minuman segar terutama es buah, serta sering disebut juga biji selasih atau telor kodok.


Tumbuhan Selasih ini memiliki nama latin Ocimum basilicum, tumbuhan ini juga kerap dijadikan penghias rumah, taman dan pekarangan karna bentuknya yang unik dan tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas. Tumbuhan selasih ini juga kerap dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan alami.

$ads={1}


Tak hanya nikmat, ternyata manfaat dari biji selasih juga baik untuk kesehatan antara lain mengandung mineral baik, pengental alami yang aman, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, meredakan asam lambung dan kembung, mengatasi sembelit, memperkuat sistem imun tubuh dan lainnya.


Selasih ini menjadi salah satu kuliner lestari khas Indonesia yang cocok dipadukan dengan blewah, timun suri, melon dan buah lainnya. Bentuknya yang kecil dan kenyal seperti telor kodok ini sangat disukai kalangan pecinta kuliner lestari Indonesia terutama memasuki bulan Romadhon tiba serta pelengkap minuman ketika musim panas tiba.


Kandungan serat yang tinggi pada selasih ini dipercaya bermanfaat dalam mencegah penyakit wasir serta mengatasi dehidrasi akibat kekurangan mineral. Hal tersebut juga yang menjadi alasan selasih digunakan sebagai minuman favorit karna rasa dan manfaatnya yang istimewa.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama