Seorang Jobseeker bertanya: Bagaimana Budaya Kerja di sini?


SEORANG JOBSEEKER BERTANYA: BAGAIMANA BUDAYA KERJA DI SINI?


FORDIASI.COM  | DUNIA KERJA - seorang kandidat biasanya akan mendapatkan kesempatan wawancara dengan interviewer ketika tahap psikotest lolos. Pada proses ini, si interviewer akan bertanya kepada si kandidat mengenai profilnya, pengalaman pekerjaannya hingga kompetensi yang dimilikinya. diakhir wawancara, kandidat akan diberikan kesempatan bertanya kepada si interviewer.


Jan Sebastian | Vice President of Finance at CrediBook | Building CrediBook | Accountant | Business Analyst melalui laman linkedinnya membagikan sebuah informasi yang bermanfaat bagi para jobseeker freshgraduate, berikut tulisannya:


Terdapat 5 ekor monyet dimasukkan ke dalam sebuah ruangan. Di dalam ruangan tersebut ada 1 tiang dengan seikat pisang di puncaknya.


Maka ke 5 monyet tersebut langsung berlomba memanjat tiang tersebut. Sayangnya tiang tersebut dipasangi listrik sehingga setiap kali ada yang menyentuh tiang tersebut, akan muncul sengatan listrik dalam 5 detik sehingga monyet monyet tersebut berjatuhan.


Setelah sekian kali percobaan, maka ke 5 monyet tersebut kapok. Mereka melihat ada seorang penjaga menggantung pisang di dadanya.


Mereka mengetuk2, menggedor2 kaca pembatas, karena sangat menginginkan pisang tersebut.

$ads={1}

 

Salah satu monyet berinisiatif untuk berjoget2 di depan sang penjaga, dan penjaga itu melemparkan sebuah pisang setelah si monyet berjoget2 selama 5 menit.


Alhasil kelima monyet tersebut berjoget joget sepanjang hari di depan sang penjaga demi mendapat pisang.


Beberapa minggu kemudian datanglah monyet ke 6.


Persis seperti ke 5 pendahulunya, ia langsung bergegas menuju tiang untuk mengambil pisang.


Disetrum, jatuh, bangun, manjat lagi, disetrum lagi, jatuh lagi, bangun lagi, manjat lagi, dan seterusnya hingga akhirnya si monyet ke 6 ini menyerah dan melihat apa yang dilakukan 5 monyet lainnya.


Akhirnya ia pun mengikuti apa yang dilakukan ke 5 pendahulunya. Berjoget2 dan mendapat pisang.


Teman teman, kita mungkin saja seperti monyet ke 6 ini.


Fresh graduate, dengan segala idealisme, berusaha memanjat tiang, yang secara nalar sehat merupakan insting idealisme seekor monyet.

 

Setelah berusaha keras dan nggak kunjung mendapat reward, alhasil kita melihat sekitar, melihat senior dan atasan: "Kok mereka joget joget aja bisa dapet pisang ya?"


Alhasil ikutlah kita berjoget joget demi mendapat pisang.


Inilah mengapa pertanyaan berikut sangat penting pada saat kita diinterview:

$ads={2}

 

"Boleh saya tahu mengenai budaya kerja disini pak?"


Jangan sampai profesionalisme kita tergulung oleh budaya perusahaan yang memelihara monyet berjoget dibandingkan monyet yang lincah memanjat.


Ingat, Anda adalah manusia bebas dan bebas memilih ruangan. Ruangan lain dan alam bebas mungkin saja tidak butuh monyet berjoget, mereka butuh monyet yang pandai memanjat.


Semoga informasi ini bermanfaat


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi - 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close