Srikaya: Buah Lokal untuk Ibu Hamil


SRIKAYA: BUAH LOKAL UNTUK IBU HAMIL


FORDIASI.COM | INFORMASI - Salah satu keistimewaan Wilayah Tropis Indonesia ialah Letak ratusan gunung api yang mengelillingi. Hal ini berdampak pada keindahan bentang alam dan kesuburan tanahnya. Terdapat aneka sumber pangan, sayur, dan buah yang berlimpah. Dan jika terkelola dengan baik maka mewujudkan ketahanan pangan dalam negeri.


Diantara buah lokal Indonesia itu ialah Buah Srikaya yang merupakan buah tropis asli Nusantara. Buah yang memiliki rasa yang khas ini selain digemari masyarakat, ternyata memiliki manfaat terutama untuk Ibu Hamil. Buah ini disarankan karna memiliki kandungan gizi yang mampu membantu perkembangan janin, meredakan mual, mencegah terjadi anemia, minimalisir kelahiran prematur, mengendurkan otot tegang, menguatkan tulang, memperbaiki kualitas ASI dan lainnya.

$ads={1}


Srikaya juga bisa dimanfaatkan sebagai Pestisida Botani dalam menangkal ulat pada Kubis. Meskipun dalam praktek penerapan masih kalah bersaing dengan pestisida kimia. Menjelang Imlek biasanya buah Srikaya diburu sebagian masyarakat dipasaran karna dianggap lambang dari kemakmuran dan keindahan.


Meskipun nampak dari tampilan kulitnya yang tidak begitu menarik, namun rasa legit khas dan manfaat buah ini memberikan sensasi yang berbeda. Semoga buah lokal bisa kembali berjaya di negeri sendiri dan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama