Tidur dengan lampu menyala, ini Efek Negatif yang diterima Oleh Tubuh


FORDIASI.COM | INFORMASI - Tidur merupakan aktivitas biologis yang dibutuhkan setiap tubuh manusia. Beberapa pendapat mengatakan, mereka merasa nyaman ketika tidur dengan keadaan lampu menyala, padahal hal tersebut tidak disarankan. Mengutip Healthline pada 11 September 2019, bahwa tidur dengan lampu menyala merugikan karena akan menyebabkan kurang istirahat malam. Kurangnya kualitas tidur juga berkontribusi pada beberapa konsekuensi kesehatan yang kita miliki.


Saat Anda tidur dengan lampu menyala, paparan cahaya membuat otak lebih sulit untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Jika hal tersebut sering terjadi, akan ada lebih banyak osilasi (aktivitas) otak untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak. Akibatnya, tentu mempengaruhi kondisi otak kita. Juga, kurang tidur karena paparan cahaya dapat menyebabkan beberapa efek samping. Pertama, tidur dengan lampu menyala sering dikaitkan dengan depresi.


Cahaya biru dari perangkat elektronik dapat memiliki efek buruk pada suasana hati. Kurang tidur juga menyebabkan suasana hati yang buruk dan mudah emosi, serta lebih banyak hiperaktif pada anak-anak. Kedua, kurang tidur kerapkali dikaitkan dengan obesitas. Sebuah studi pada wanita telah menemukan bahwa obesitas lebih sering terjadi pada mereka yang tidur dengan lampu atau televisi menyala. Salah satu faktor penyebab obesitas pada orang yang kurang tidur adalah asupan makanan yang menjadi berlebihan.

$ads={1}


Ketiga, kurang tidur akan membuat Anda kurang waspada/fokus keesokan harinya. Hal ini tentu berbahaya jika Anda mengendarai sepeda motor, mobil, atau kendaraan bermotor lainnya. Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih rentan jatuh. Akhirnya, tidur dengan paparan cahaya yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit kronis tertentu. Misalnya, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.


Sebagian orang yang takut gelap, tidur dengan lampu menyala bisa membantu. Namun, risiko keseluruhan tidur dengan lampu menyala lebih besar daripada manfaatnya.


Bagi kamu yang saat ini tidur dengan lampu menyala, alangkah baiknya untuk mematikan lampu yah sob. Tentu hal ini demi kesehatan yang kamu miliki. Jangan pernah menyepelehkan sesuatu yang kecil, padahal hal tersebut bisa berdampak besar bagimu di kemudian hari nanti.


Semoga informasi ini bermanfaat...


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close