10 Hal Menarik Tentang Manusia


10 HAL MENARIK TENTANG MANUSIA


1. Total Manusia di dunia tahun 2021 ada sebanyak 7,86 miliar orang. Dimana kaum laki-laki ada 3,96 miliar dan kaum perempuan ada 3,9 miliar.


Jika setiap orang berpasangan, maka ada 60 juta kaum laki-laki yang menjomblo di dunia ini.


2. Menurut penelitian, kaum laki-laki akan punah 5 juta tahun lagi. Hal ini disebabkan karena musnahnya kromosom Y pada sel manusia.


3. 98% DNA babi mirip dengan DNA manusia. Tapi jangan heran, karena pisang yang tampilannya sangat berbeda dengan manusia saja memiliki kemiripan DNA sebanyak 60% dengan DNA manusia.


4. Harga Organ Tubuh Manusia di Pasar Gelap


- Paru-paru (Rp 4,2 Miliar)

- Ginjal (Rp 2,7 Miliar)

- Hati (Rp 2,1 Miliar)

- Jantung (Rp 1,6 Miliar)

- Kornea Mata (Rp 327 Juta)

$ads={1}


5. Otot manusia ternyata jauh lebih kuat dari yang kita kira. Kekuatannya dibatasi untuk melindungi tendon dan otot dari kerusakan. Batasan ini ternyata bisa dihilangkan pada keadaan “adrenaline rush“, di mana beberapa orang bahkan bisa mengangkat batu besar atau mobil sendirian. Pada keadaan adrenaline rush seseorang juga bisa berlari lebih cepat dan meloncat lebih tinggi.


6. Panjang bagian tubuh manusia


-Usus (7,5 meter)

-Saraf (75 km)

-Pembuluh darah (100.000 km atau 2,5 kali keliling Bumi)

-Untaian DNA (200.000.000.000 km atau 34 kali jarak Matahari-Pluto) 


7. Fakta mata


-Mata manusia beresolusi 576 MP.

-Mata manusia sebenarnya melihat dunia dengan posisi terbalik, namun otak lah yang membetulkannya menjadi tidak terbalik.


8. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa tinggi keturunan manusia semakin lama semakin pendek. Namun faktanya selama 130 tahun terakhir, tinggi tubuh manusia cenderung mengalami peningkatan.


Pada 1880, rata-rata tinggi masyarakat pria di dataran Amerika berada di kisaran 170 cm. Sedangkan pada saat ini, rata-rata tinggi penduduk laki-laki di tempat yang sama sudah mencapai 180 cm. Jika dihitung secara kasar, maka dalam 1000 tahun mendatang rataan tinggi manusia dapat menyentuh angka 250 cm.

$ads={2}


Kalo "keyakinan saya", pada awalnya tinggi keturunan manusia semakin lama semakin pendek dan akan stagnan. Namun setelah revolusi industri dan kemajuan teknologi yang memudahkan seseorang dalam memperoleh makanan bergizi, maka semakin lama tinggi keturunan manusia akan meningkat karena adanya perbaikan gizi.


9. Kamu harus tahu!


Rata-rata laki-laki akan berhenti pertumbuhan tingginya di umur 19 tahun, sedangkan perempuan di umur 16 tahun.


Jadi sebelum mencapai umur itu, budayakanlah hidup sehat dan makan makanan bergizi, karena selain faktor keturunan, hal tersebut juga berpengaruh besar bagi pertumbuhan tinggi badan kalian.


10. Rata-rata manusia bisa bertahan hidup:


- Tanpa makan selama 21 hari

- Tanpa minum selama 5 hari.

- Tanpa tidur selama 11 hari.

- Tanpa oksigen selama 12 menit. Tapi kalo dilakukan sengaja kebanyakan orang hanya bisa menahan napasnya selama 40-60 detik.


Oleh: Amin van Milano, Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama