8 Istilah yang sering digunakan oleh Kpopers


8 ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN OLEH KPOPERS


FORDIASI.COM | INFORMASI - Bagi seorang Kpopers, memiliki tempat untuk berbincang tentang sesama bias di grup yg sama atau di grup yg berbeda ialah hal yg sangat menyenangkan. Seolah ada yg tahu apa yg membuat mereka bahagia. Dan setiap bias memiliki keunikannya masing-masing. Ini adalah hal yg paling mengasyikkan bagi para penggemar Kpopers.


Fandom sendiri merupakan sebuah perkumpulan, komunitas, atau program bagi sesama Kpopers untuk berbagi cerita tentang berbagai hal tentang KPop. Seperti bagaimana mereka pertama kali menjadi penggemar K-Pop, bagaimana idola K-Pop dapat memotivasi mereka, dan segala sesuatu yg berhubungan langsung dengan idola mereka.


Di Indonesia, ada banyak anggota fandom. Mereka memiliki komunitas sendiri baik online maupun offline. Mereka juga kerap membagikan artikel official yg dikeluarkan oleh para idol K-Pop resmi. Yg perlu kalian pahami sebelum masuk fandom adalah istilah-istilah yg sering disebutkan di dalamnya.


Sahabat Kpopers di Fandom sering menyebut istilah-istilah berikut ini.


1. Fanwork (Karya Penggemar)


Yg dimaksud dengan fanwork adalah karya yg dibuat oleh penggemar dan didedikasikan untuk seseorang atau sekelompok idola K-Pop mereka. Ini adalah bentuk rasa hormat dan cinta dari para penggemar. Fanwork sendiri terbagi menjadi fan art dalam bentuk karya visual, fan vid dalam bentuk audiovisual, dan fanfiction dalam bentuk tulisan.


2. Fanon


Fanon adalah cerita yg dibuat oleh penggemar. Mereka menggunakan imajinasi mereka untuk membuat atau menambah cerita. Dan imajinasi yg tercipta begitu kuat sehingga sangat populer dan menjadi ide yg bisa diterima oleh fandom.

$ads={1}


3. Ship atau Shipping


Ini memiliki arti membantu dua orang atau lebih untuk berhubungan romantis di dunia nyata. Ini adalah salah satu kegiatan fandom paling populer. Ini juga berarti sebagai bentuk dukungan atau dorongan dari para penggemar. Atau cocokkan saja dengan idola K-Pop untuk dicocokkan.


4. Fanfiction


Fanfiction adalah pengembangan karya penggemar. Fanfiction adalah cerita fiksi atau naratif berdasarkan sebuah karya, bentuk fanfiction adalah film twilight.


5. Fannish


Menggambarkan sesuatu yg erat kaitannya dengan fandom.


6. BNF


Ini identik dengan kesenangan yg terkenal. Yg merupakan nama panggilan yg bagus untuk sebuah fandom, salah satu yg paling populer adalah Army, blink, dll. Mereka umumnya sangat berdedikasi untuk mendukung idola mereka. Mereka akan mengetahui berita terbaru tentang idola mereka. Mereka bahkan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk melihat konser atau membeli produk resmi dari mereka.

$ads={2}


7. AU


Istilah AU biasa digunakan di Twitter. AU sendiri adalah singkatan dari alam semesta alternatif. Ini mengacu pada bagaimana sebuah cerita dibuat dan berbeda dari kenyataan yg seharusnya. Ini seperti membayangkan akan ada konser bersama K-Pop Korea di Indonesia.


Padahal kenyataannya ketika mereka melakukan konser mereka hanya satu grup. Konser beberapa idola Korea sekaligus merupakan peristiwa besar dan langka, seperti penutupan ASEAN GAMES 2018.


8. Fandom Idol Tertentu


Biasanya, untuk membuat penggemar merasa nyaman dan dekat, sang idola memberikan julukan kepada penggemar setianya. Hal ini menggambarkan ekspresi atau citra artis terhadap idolanya. Dengan begitu kesan khusus mereka dan interaksi di antara mereka akan terbentuk secara alami.


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama