Apa itu Positive Self-Talk? Begini Penjelasannya...


APA ITU POSITIVE SELF-TALK? BEGINI PENJELASANNYA...


FORDIASI.COM | INFORMASI - Sebagai manusia, tentu kita tidak bisa terlepas dari interaksi sosial. Berkeluh-kesah, bercerita tentang suatu masalah, dan lain-lain. Namun adakalanya kita lelah untuk bercerita, karena sudah bosan, atau kita berada di situasi yang sangat sulit, sehingga ingin bercerita pun juga percuma, karena bingung harus mulai darimana kita cerita. Pikiran-pikiran yang ada di kepala bermunculan dalam bentuk kalimat, dan akhirnya digunakan untuk bermonolog (berbicara dengan diri sendiri). Kondisi ini dinamakan "Self Talk".


Self Talk sendiri adalah kegiatan dimana kita berdialog dengan diri sendiri yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Kita melemparkan gagasan, pertanyaan, dan mengungkapkan perasaan yang sebenernya dengan diri sendiri tanpa orang lain tahu. Efeknya adalah, orang akan sadar dalam berpikir, dan berhati-hati dalam bertindak. 


Self talk sendiri mempunyai dua pikiran, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif. Dalam konteks negatif, kamu akan mulai membenci diri sendiri, serta pesimis. Namun kamu bisa menetralisir perasaan itu, dengan berpikiran yang baik, dan mensyukuri apa yang ada di dalam diri kamu saat ini, inilah yang disebut Positive Self-Talk.


Positve Self-Talk sendiri bisa menjadi metode healing, dan memiliki banyak manfaat, diantaranya:


1. Mengambil sisi positif dari peristiwa yang tidak menyenangkan

$ads={1}


Ini bukan berarti kamu membohongi diri sendiri. Justru dengan Positive Self-Talk, kamu belajar terbiasa untuk melihat suatu peristiwa dengan sudut pandang yang positif. Jadi, kamu belajar tentang peristiwa itu agar tidak terulang kembali, dan berhenti menyesalinya. 


2. Membangun kekuatan mental


Positive Self-Talk bisa menjadi salah satu cara untuk membangun kekuatan mental. Karena sering berpikir positif, otomatis pikiran akan jernih ketika sedang menghadapi tantangan atau kesulitan, juga terhindar dari kecemasan, stress, dan depresi. Positive self talk juga membuat seseorang menghargai badannya, sehingga mencegah atau mengatasi gangguan makan. 


3. Meningkatkan kualitas hidup


Dengan Positive Self-Talk, hidupmu akan lebih berkualitas, karena kamu memiliki kepercayaan diri dan lebih menghargai hidupmu sendiri. Selain itu, kamu juga akan lebih optimis dalam berbagai situasi, serta menumbuhkan kedamaian dalam dirimu.


4. Menjaga kesehatan fisik


Karena mental kamu terjaga akibat dari self talk, maka kesehatan fisik juga terjaga, dan kamu akan selalu penuh energi. Karena, mental dan fisik saling berkesinambungan. Selain itu, daya tahan tubuh kamu juga meningkat jika sering melakukan Positive Self-Talk

$ads={2}


CARA MELAKUKAN POSITIVE SELF TALK (VERSI DIRIKU)


Kebiasaan ini tidak bisa muncul begitu saja, dan harus dilatih secara konsisten. Terlebih lagi, kalau kamu sering berpikir buruk tentang dirimu sendiri. 


Untuk bisa melakukannya, kamu harus menyadari dan menerima pikiran negatif yang ada di dalam pikiran kamu, lalu ubahlah pikiran kamu dari yang negatif menjadi positif. Sebagai contoh, jika kamu berpikir kalau dirimu itu tidak penting dan tidak berguna, cobalah untuk berpikir, "Mungkin saat ini aku belum jadi apa-apa, tapi aku akan berusaha untuk bisa menjadi berguna dan dibutuhkan bagi orang banyak."


Atau jika kamu membuat kesalahan dalam bekerja, dan kamu berpikir kalau kamu tidak cocok untuk pekerjaan itu, coba untuk berpikir, "Kesalahan ini cukup untuk sekarang, besok jangan diulangi lagi."


Kalau Positive Self-Talk versi dirimu bagaimana? Yuk sharing di kolom komentar.


Oleh: Muhammad Rasyid Habibie, Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama