Biografi dan 6 Fakta menarik Nikola Tesla


BIOGRAFI DAN 6 FAKTA MENARIK NIKOLA TESLA


FORDIASI.COM | BIOGRAFI - Nikola Tesla, seorang pria jenius kelahiran 10 Juli 1856. Penemuannya yang sangat terkenal seperti arus bolak-balik listrik, radio, motor induksi, sinar kosmik dan masih banyak lagi.


Ia lahir di Kroasia dan berasal dari keluarga pendeta Orthodox. Sang ayah awalnya meminta Tesla untuk menjadi pendeta, tetapi ia lebih menyukai sains. 


Dilansir dari Biography, Nikola Tesla berhasil menamatkan sekolahnya di University Of Prague. Pada 1870-an, ia memutuskan untuk pindah ke Budapest dan bekerja di sebuah perusahaan telepon. Di kota tersebut Tesla akhirnya menemukan ide untuk membuat motor listrik.

$ads={1}


Pada umur 28, ia meninggalkan Eropa dan pindah ke Amerika Serikat. Di negeri inilah, Nekola Tesla bekerja dengan Thomas Edison, sayangnya kerja sama mereka tidak bertahan lama.


Tesla merasa pandangan Edison yang fokus pada bisnis tidak cocok dengan mindsetnya.


Pada tahun 1885, Tesla memulai penemuannya sendiri dan di tahun 1887 hingga 1888 ia telah berhasil mendapatkan lebih dari 30 hak paten untuk temuannya.


Meskipun memiliki banyak penemuan, Nikola Tesla tidak pernah dihormati. Bahkan, sering dianggap gila karena penemuannya yang aneh. Idenya sering dicuri, dihancurkan dan ia sering dihina.


Pada 1895, laboratoriumnya terbakar habis beserta catatan penemuannya. Setelah peristiwa tersebut, peristiwa malang tak henti-hentinya menimpa Tesla. Hingga pada akhirnya, ia mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 1917.


Meskipun begitu, Tesla tetap menghabiskan sisa hidupnya dengan menggarap penemuan baru. Obsesinya pada angka 3 membuat ia dianggap memiliki gangguan mental.


Hari-hari akhirnya ia habiskan dengan memberi makan merpati. Hingga ia meninggal di sebuah hotel di New York pada 7 Januari 1943. Ia meninggal di umur 86 tahun.

$ads={2}

Nah, itu tadi biografi singkat Nikola Tesla yang sebenarnya masih panjang lagi apabila saya jabarkan. Langsung saja, yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Tesla agar kita jauh lebih mengenal fisikawan jenius satu ini!.


Oleh: Leony, Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama