Buah Kemayau: Kuliner Buah Kalimantan


BUAH KEMAYAU: KULINER BUAH KALIMANTAN


FORDIASI.COM | INFORMASI - Kuliner lestari merupakan upaya menggali potensi lokal guna membangun ekonomi daerah. Potensi disajikan melalui produk olahan dari bahan baku hasil bumi, hutan dan lainnya ciri khas daerah. Salah satu Produk Hutan Kalimantan Barat yaitu buah kemayau. Buah ini bernama lain daerah kumbayau atau keramuq serta bernama latin Dacryodes rostrata.


Buah kemayau merupakan kuliner khas masyarakat hutan, namun menyusutnya Luasan Hutan maka buah ini semakin berkurang & tidak begitu dikenal. Buah berukuran kecil ini umumnya berwarna hijau ketika muda, lalu menjadi kehitaman. Mengkonsumsi buah ini adalah dengan merendam atau menyiramnya dulu dengan air panas lalu secepatnya dimakan dengan dioles madu atau gula merah.

$ads={1}


Buah kemayau ini memiliki manfaat yg baik untuk kesehatan diantaranya adalah mengobati sariawan, panas dalam, batuk alergi, untuk kesehatan kulit dan sumber vitamin C yg tinggi. Buah ini memiliki cita rasa campuran manis sedikit asam kecut dan memiliki mirip rasa mentega.


Namun sayangnya, buah ini semakin tersudutkan sulit ditemui padahal pohon buah Kemayau yg tinggi hampir 20 meter merupakan habitat bagi satwaliar & baik dalam upaya konservasi. Penelitian lanjut & Budidaya akan membantu dalam upaya konservasinya


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close