Burung Maleo: Burung Endemik Sulawesi


BURUNG MALEO: BURUNG ENDEMIK SULAWESI


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Indonesia memang Negeri Istimewa yang memiliki aneka kekayaan alam baik flora dan fauna yang unik dan langka. Beraneka jenis fauna terutama dari jenis burung langka dan endemik tersebar di hampir masing masing wilayah Indonesia, salah satu burung khas atau endemik dari Pulau Sulawesi adalah Burung Maleo. Burung langka ini bernama latin Macrocephalon maleo.


Namun saat ini habitat dan populasi dari burung Maleo ini semakin sempit dan mulai terancam. Diperkirakan jumlah populasinya hanya sekitar 8.000 hingga 14.000 di alam. Menurut Wikipedia, populasi Maleo di Sulawesi mengalami penurunan sebesar 90% semenjak tahun 1950 an. Jumlah burung maleo kini terus berkurang disinyalir karna dikonsumsi dan telur telurnya diburu oleh masyarakat.

$ads={1}


Belum lagi habitat maleo yang berkurang menjadi lahan pertanian, permukiman, perkebunan & lainnya. Selain itu terdapat ancaman pemangsa lain yang mengincar telur dan anak maleo sebagai makanan seperti jenis reptil ular, kadal dan burung elang. Maleo ini termasuk monogami alias setia kepada pasangannya.


Ternyata hampir semua kekayaan alam di Dunia ada di Indonesia. Kekayaan Gunung, Flora, Fauna, Bentang Alam, Tambang dan lainnya. Bahkan hampir semua daerah disini memiliki ciri khas tarian, bahasa, senjata perang, baju adat, dan alat musik khas daerahnya. Amanah yang mesti dijaga dan digunakan untuk sebesar besarnya kemakmuran rakyat


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close