Cara menampilkan Titik Koordinat dan Lokasi di Smartphone secara Otomatis


CARA MENAMPILKAN TITIK KOORDINAT DAN LOKASI DI SMARTPHONE SECARA OTOMATIS


FORDIASI.COM | INFORMASI - Ada beberapa cara untuk menampilkan koordinat foto & lokasi menggunakan Smartphone, kita menggunakan aplikasi kamera android yaitu Open Camera. Sebelum kamu menggunakan aplikasi ini tentu harus melakukan instalasi terlebih dahulu.


Dengan menampilkan tulisan koordinat & nama lokasi secara otomatis pada gambar foto, aplikasi open camera ini sangat berguna bagi kita saat kita melakukan aktivitas di lapangan karena bisa langsung mengetahui dimana lokasi pemotretan & sangat berguna saat membuat laporan kegiatan.


Agar koordinat & nama lokasi muncul di foto, kita perlu melakukan beberapa penyesuaian pada aplikasi open camera yg telah diinstal di ponsel Android kamu Saya akan menjelaskan dua tahap yaitu cara menampilkan koordinat & cara menampilkan lokasi.

$ads={1}


Cara menampilkan tulisan koordinat


Buka aplikasi kamera, lalu klik ikon roda gigi di kanan atas untuk masuk ke menu pengaturan.



Selanjutnya masuk ke menu Photo Settings



Setelah itu pilih menu Stam photos & pilih Stamp photos


Selanjutnya masih tetap pada menu photo settings, pilih GPS stamp format & pilih Degres/minutes/second




Dengan pengaturan di atas, semua foto yg kamu ambil akan menunjukkan koordinat lokasi objek, waktu & tanggal pengambilannya.

$ads={2}

Catatan:



Sebelum mengambil gambar, aktifkan dulu GPS bawaan di ponsel Android kamu terlebih dahulu agar lokasi kamu saat ini terhubung dengan aplikasi.


Cara menampilkan tulisan lokasi



Untuk menampilkan penulisan lokasi, kita akan melakukannya secara manual, artinya nama lokasi ditulis terlebih dahulu sebelum mengambil gambar dengan Open Camera.


Seperti biasa, masuk ke menu Photo Settings, lalu samarkan teks & ketik nama lokasi sebelum kamu mulai memotret objek.



Semua pengaturan yg menunjukkan koordinat & nama-nama lokasi telah selesai, sekarang coba ambil gambar & lihat hasilnya.




Sukses! Sekarang semua foto yg kamu ambil dengan aplikasi kamera terbuka di ponsel Android kamu akan menunjukkan nama, koordinat, waktu & waktu pemotretan.

Referensi:
automenulis.com

Mudah bukan?

Selamat mencoba sobat Fordiasi!


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama