CLEAR: Collaborative, Limited, Emotional, Appreciable, Refinable


CLEAR: COLLABORATIVE, LIMITED, EMOTIONAL, APPRECIABLE, REFINABLE


FORDIASI.COM | INFORMASI - Kita semua sudah sangat sering menggunakan SMART GOAL (Specific, Measurable, Action-Oriented, Realistic, Time-bound) 


Namun dengan lingkungan dan kondisi yang sangat cepat berubah, dan unpredictable, dibutuhkan framework GOAL yang bisa adapt dengan baik dalam agile environment.


CLEAR Strategic Planning methodology yang dipelopori oleh Adam Kreek, menjadi salah satu alternative yang layak dipertimbangkan.


CLEAR : Collaborative, Limited, Emotional, Appreciable, Refinable

 

Collaborative

Goals harus melibatkan berbagai anggota dan bagian dari organisasi agar dapat mendorong momentum dan menstimulasi penyelesaian tugas dengan baik. Siapa saja team lain yang perlu anda pertimbangkan masuk dalam kapal anda dan mempunyai pengaruh untuk menggerakkan movement ke arah goal ini ?

 $ads={1}


Limited

Goals harus dibatasi baik dalam lingkup/scope dan durasi. Penting untuk memperhatikan batasan apa saja, yang harus anda perhatikan sejak awal mendefine (start, closing, batasan lingkup geograifs, batasan pribadi, realisits, cara mengukurnya, dsj ?)

 

Emotional

Goals yang dibuat harus dapat membuat hubungan emosional yang tulus antara diri anda dan karyawan Anda sehingga semua merasakan energi dan passion yang sama/selaras. Penting untuk bisa menjawab bagaimana goal ini bisa mempengaruhi team anda/ atau pimpinan anda, atau rekan dari team anda secara emotional ?

 

Appreciable (Tangible)

Goals harus dapat dipecah menjadi tujuan yang lebih kecil sehingga dapat dicapai lebih cepat dan lebih mudah, dan harus dapat ditindaklanjuti. Penting untuk bisa memastikan tindakan terkecil apa yang secara jelas dapat anda lakukan dan indikator kinerjanya harus dirumuskan dengan jelas. Sehingga momentum momentum kecil ini memjadi semangat untuk tetap move on track menuju goal anda.

$ads={2}


Refinable (Dapat diperbaiki)

Goals sudah ditetapkan dengan pemikiran dan keyakinan yang teguh, namun ketika menghadapi situasi atau informasi yang baru/unexpected, beri diri Anda keleluasaan untuk memperbaiki dan memodifikasinya. Anda dan team mungkin butuh informasi baru untuk bisa antisipasi kedepan ? Atau anda sudah melakukan identifiaksi potential barriers diawal agar ada prevention ? Anda sudah mempersiapkan skenario terbaik/terburuk ?


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama