Gowok: Buah Lokal Bernuansa Magis


GOWOK: BUAH LOKAL BERNUANSA MAGIS


FORDIASI.COM | INFORMASI - Bermainlah, karna dari bermain kita akan mendapat pengalaman pelajaran dan ilmu kehidupan. Harmoni ilmu sekolah dan ilmu kehidupan ini yang akan memberi warna dalam berfikir. Pengenalan lingkungan lewat bermain ini yang akan menyadarkan betapa uniknya Negeri tercinta ini dengan bermacam jenis buah, salah satunya buah Gowok. Buah lokal ini terkenal di masa lalu.


Gowok memiliki nama lain kupa, gohok, pasui, kaliasem dan dompyong. Buah lokal ini memiliki nuansa magis yang kental, karna selain memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan penyakit juga erat berkaitan dengan mitos masyarakat. Pohon Gowok dinilai sangat mistis dan angker sehingga jarang ditanam oleh kalangan masyarakat di beberapa daerah. Buah Gowok ini sendiri memiliki cita rasa yang khas, rasanya yang asam manis mampu memperbaiki mood jika dikonsumsi.

$ads={1}


Buah yang memiliki nama latin Syzygium polychephalum ini juga disinyalir mampu mengatasi jerawat, mencegah penyakit kulit, menangkal radikal bebas, menstabilkan asam lambung, mengatasi kencing manis, mengobati peradangan, dan mencegah masalah pencernaan. Buah ini merupakan salah satu sumber vitamin yang bagus jika dikonsumsi oleh tubuh.


Pohon gowok ini mampu menjulang hingga ketinggian 8 sampai 15 meter dan merupakan habitat yang disukai berbagai jenis burung dan serangga. Pohonnya ini sangat baik jika ditanam pada lahan rawan longsor bahkan di beberapa daerah Gowok ini dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman bonsai.


Bagi sebagian masyarakat Pohon Gowok ini dikenal angker dan keramat karna dipercaya dihuni oleh makhluk gaib. Hal tersebut yang membuat masyarakat jarang untuk menebangnya, namun takut juga untuk menanamnya. Kini Pohon Gowok ini semakin jarang ditemukan, hal tersebut juga menyebabkan sulitnya buah lokal ini ditemui di pasaran buah.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama