Hemoglobin (Hb): Fungsi, Angka Normal, Struktur dan Penyakitnya


HEMOGLOBIN (Hb): FUNGSI, ANGKA NORMAL, STRUKTUR DAN PENYAKITNYA


FORDIASI.COM | HEALTH - Hemoglobin ( Hb) merupakan salah satu bagian sangat berarti dalam darah. Sangat besar ataupun sangat rendahnya kandungan hemoglobin seorang bisa menandakan sesuatu situasi anomali dalam darah. Dalam postingan ini pula Kamu jua hendak diajak memahami lebih jauh apa yang diartikan dengan hemoglobin, nilai normal, dan gimana metode mengukur nilai normal hemoglobin?


Apa Itu Hemoglobin?


Hemoglobin merupakan protein dengan isi zat besi yang ditemui di dalam sel darah merah. Kehadiran hemoglobin ini lah yang membagikan karakteristik khas warna merah pada sel darah( eritrosit). Sebagian penyakit ataupun situasi khusus yang mempengaruhi sel darah merah bisa berdampak pada hemoglobin.


Biasanya tingkatan hemoglobin pula hendak bertambah kala jumlah sel darah merah bertambah. Sedemikian itu pula kebalikannya, bila jumlah sel darah merah menyusut, hingga kandungan hemoglobin biasanya pula hendak menyusut serta perihal ini dapat disebabkan oleh sebagian situasi khusus.


Guna Hemoglobin


Guna hemoglobin yang sangat penting ialah sebagai pemindahan zat asam dari paru- paru ke semua jaringan serta organ di semua badan, yang dimana guna zat asam sendiri amat besar peranannya buat cara metabolisme. Hemoglobin pula menolong beberapa kecil pemindahan dari karbonium dioksida serta hasil metabolisme badan yang esoknya hendak dibuang dikala kita mengeluarkan napas.


Selanjutnya merupakan uraian mengenai guna hemoglobin:


1. Memberikan warna merah pada darah


Sudah disingging tadinya fungsi hemoglobin merupakan membagikan warna merah pada sel darah( eritrosit).


Hemoglobin terdiri dari 4 kaitan asam amino. Tiap- tiap kaitan dibuat dari 141- 146 asam amino. Tiap kaitan asam amino mempunyai isi heme. Heme ini lah yang ialah anasir yang tanggung jawab membagikan warna merah pada darah.


2. Mengikat serta mengangkat oksigen


Guna hemoglobin yang sangat penting serta sangat berarti di dalam darah merupakan mengikat serta mengangkat zat asam ke semua badan. Hemoglobin hendak mengikat zat asam dari kapiler di alat pernapasan, setelah itu mengangkat serta menyebarkannya ke seluruh jaringan serta alat dalam badan.

$ads={1}


3. Mengangkat karbonium dioksida serta anasir lainnya


Tidak hanya berperan buat mengangkat zat asam, hemoglobin pula berfungsi dalam pengangkutan karbonium dioksida dari jaringan serta alat badan mengarah ke paru- paru, kemudian dikeluarkan dikala kita menghembuskan napas.


Nilai Normal Hemoglobin


Uji hemoglobin dicoba buat mengenali kandungan hemoglobin. Tingkatan hemoglobin bisa dihitung sendiri ataupun dengan mengenali hematokrit ataupun persentase daya muat sel darah merah dalam darah. Tidak hanya itu bisa pula dikenal dikala melangsungkan pengecekan darah komplit ataupun complete blood count( CBC).


Sampel darah guna uji hemoglobin umumnya didapat dari pembuluh darah vena di tangan ataupun pembuluh kapiler di ujung jemari. Perihal ini berlaku buat kanak- kanak ataupun orang berumur. Sebaliknya buat bayi yang baru lahir, sampel darah bisa diperoleh dari bagian tumit.


Nilai hemoglobin normal bisa berbeda pada tiap orang dipengaruhi dengan umur, jenis kelamin, serta keadaan kesehatannya. Selanjutnya merupakan nilai normal hemoglobin:


- Anak umur 0, 5 sampai 4 tahun: 11 g atau dL ataupun lebih


- Anak umur 5- 12 tahun: 11, 5 g atau dL


- Pria dewasa: 13, 5- 17, 5 g atau dL


- Wanita dewasa: 12, 0- 15, 5 g atau dL


- Wanita mengandung: 11, 0 g atau dl ataupun lebih


Tiap laboratorium bisa mempunyai rentang nilai normal hemoglobin yang berbeda- beda, tetapi biasanya angkanya tidak bakal berjauhan.


Nilai Tidak Normal Hemoglobin


Bila kandungan hemoglobin seorang sangat besar ataupun sangat kecil, perihal itu menunjukkan terdapatnya permasalahan pada sel darah merah( eritrosit). Pada saat angka hemoglobin besar, situasi ini disebut dengan polisitemia, tetapi polisitemia ini umumnya pula diiringi kenaikan angka trombosit serta leukosit. Kebalikannya, bila angka hemoglobin kecil, hingga diucap selaku anemia.

$ads={2}


A. Nilai hemoglobin terlalu tinggi


Nilai hemoglobin sangat besar diakibatkan oleh kenaikan jumlah eritrosit ataupun sel darah merah. Situasi ini terhitung ke dalam keadaan yang jarang terjadi. Pemicu hemoglobin besar yang sangat biasa diakibatkan oleh keadaan seperti sebagai berikut ini:


1. Penyakit paru- paru


Pemicu polisitemia yang awal merupakan penyakit paru- paru.


Penyakit paru- paru bisa menimbulkan seorang kesusahan menghisap serta meresap oksigen dalam jumlah wajar yang diperlukan badan. Dampak situasi ini, badan berupaya menggantinya dengan memproduksi sel darah merah lebih banyak.


2. Penyakit jantung bawaan


Ada sebagian bentuk penyakit jantung yang diakibatkan oleh ikatan tidak normal antara kedua bagian jantung.


Situasi ini menimbulkan berkurangnya kandungan oksigen dalam darah. Serupa perihalnya semacam permasalahan awal, badan juga berupaya memperbaiki kondisi penurunan kadar oksigen ini dengan memperbanyak produksi sel darah merah.


3. Polisitemia vera


Polisitemia vera merupakan kelainan pada sumsum tulang tempat produksi sel darah alhasil mengakibatkan produksi sel darah merah tidak terkontrol.


Situasi ini tidak lazim serta umumnya bertumbuh perlahan. Situasi ini tidak cuma didiagnosis lewat tes hemoglobin, tetapi pula uji hematokrit. Tidak hanya pengecekan darah, diperlukan pula aspirasi ataupun biopsi sumsum tulang buat memastikan situasi ini.


Tidak hanya situasi di atas, situasi lain yang menimbulkan angka hemoglobin besar ialah seperti kehilangan cairan tubuh, merokok, tumor ginjal, hidup di tempat tinggi, serta pemicu genetik.


B. Angka hemoglobin sangat rendah


Angka hemoglobin kecil biasanya pula ditunjukkan dengan angka sel darah merah serta hematokrit kecil. Situasi ini disebut dengan anemia. Situasi yang dapat mengakibatkan angka hemoglobin kecil adalah seperti berikut ini:


1. Kehabisan banyak darah


Kandungan hemoglobin kecil dapat diakibatkan oleh badan kehabisan banyak darah.


Situasi ini dapat diakibatkan oleh trauma akut ataupun pendarahan parah pada bagian badan tertentu seperti:


- Saluran pencernaan( efek polip, radang perut kanker usus besar).


- Kandung kemih


- Rahim( pendarahan datang bulan berat)


2. Kekurangan nutrisi tertentu


Ada sebagian tipe jenis anemia yang diakibatkan oleh kekurangan nutrisi khusus. Anemia itu antara lain serupa anemia defisiensi zat besi, anemia defisiensi asam folat, serta anemia defisiensi vit B12.


3. Hancurnya sel darah merah secara berlebihan


Hancurnya sel darah merah dengan cara berlebihan bisa mengakibatkan kadar hemoglobin kecil.


Pemicu hancurnya sel darah merah secara berlebihan termasuk anemia hemolitik, anemia sel sabit, defisiensi G6PD, serta pemicu lainnya.


4. Talasemia


Talasemia merupakan kelainan darah di mana produksi hemoglobin kurang dari jumlah normal. Situasi ini diakibatkan oleh aspek genetik.


5. Gangguan sumsum tulang belakang


Pemicu angka hemoglobin besar yang lain merupakan dampak adanya permasalahan pada sumsum tulang belakang.


Gangguan sumsum tulang belakang bisa berbentuk anemia aplastik, myelodysplastic syndrome, kanker yang menyerang sumsum( leukimia, limfoma, multiple myeloma, dan lain- lain). Kerusakan sumsum pula dapat disebabkan oleh racun, radiasi semacam chemotherapy, peradangan, sampai dampak obat- obatan.


6. Penyakit ataupun radang kronis


Penyakit ataupun radang parah semacam gagal ginjal pula dapat mengakibatkan angka hemoglobin menyusut.


Gagal ginjal bisa menimbulkan penyusutan produksi erythropoietin, hormone yang memicu penciptaan sel darah merah oleh sumsum tulang. Hormon ini dibuat oleh ginjal.


Serupa halnya buat mengetahui situasi yang menimbulkan angka hemoglobin tinggi, beberapa situasi pemicu hemoglobin kecil pula memerlukan pengecekan lain tidak hanya uji hemoglobin buat memastikannya.


Data kesehatan ini sudah ditinjau oleh dokter. Antonius Hapindra Kasim


Demikian informasi mengenai " Hemoglobin (Hb): Fungsi, Angka Normal, Struktur dan Penyakitnya "


Semoga sobat fordiasi mendapatkan ilmu dan manfaatnya yah!


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama