Inilah 5 Manfaat dan Cara Tidur Siang Bagi Ibu Hamil


INILAH 5 MANFAAT DAN CARA TIDUR SIANG BAGI IBU HAMIL


FORDIASI.COM | HEALTH - Selama masa kehamilan, wanita akan lebih terasa lelah. Selain perut yang semakin membesar, ibu hamil juga kerap kali merasa sulit tidur di malam hari. Hal tersebut tentunya membuat kamu gampang mengantuk di siang hari.


Bolehkah ibu hamil tidur siang?


Selama masa kehamilan, tubuh wanita memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga banyak para dokter menyarankan agar ibu hamil membutuhkan lebih banyak istirahat untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.


Tidur siang saat hamil ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan ibu dan janinnya, berikut penjelasannya,


1. Mengurangi risiko berat badan lahir rendah (BBLR)


Mengutip dari Tampa General Hospital, ibu hamil yang tidur siang secara teratur dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).


Jurnal Sleep Medicine melakukan penelitian di China tentang efek tidur siang terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Para peneliti melibatkan 10.111 wanita dengan rentang usia 15 hingga 50 tahun yang memiliki kebiasaan tidur berbeda.

$ads={1}


Akibatnya, ibu hamil yang rutin tidur siang selama 60 hingga 90 menit setiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Studi tersebut juga menunjukkan bahwa tidur siang rutin 5 hingga 7 hari seminggu mengurangi risiko BBLR sebesar 22%.


Banyak istirahat membuat distribusi energi dan nutrisi dari ibu hamil ke janin melalui plasenta, bisa lebih optimal.


2. Mengurangi kelelahan


Selain mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR), manfaat tidur siang selama kehamilan mengurangi kelelahan.


Menunjuk dokter keluarga, kehamilan dapat menurunkan kadar gula dan tekanan darah, sehingga hal tersebut membuat ibu hamil terasa lebih lelah, meskipun aktivitas kamu tidak begitu banyak. kamu bisa tidur siang selama 30 hingga 60 menit setiap hari untuk menyegarkan tubuh kamu agar lebih fresh dan berenergi.


Kurang tidur tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, tetapi juga bagi janin yang kamu miliki. Pasalnya, kurang tidur dapat memicu komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.


3. Mengurangi risiko kelahiran prematur


Tidak hanya dengan makanan bergizi, tidur siang saat hamil juga bisa mengurangi risiko persalinan prematur. Mengutip Sleep Foundation, ibu hamil yang kurang tidur berisiko melahirkan bayi prematur dibandingkan mereka yang cukup tidur.


Saat tubuh kurang istirahat, janin dalam kandungan mungkin merasa stres dan nutrisi yang dibawa oleh plasenta tidak tercukupi dengan baik.


4. Mengatasi insomnia


Mengutip John Hopkins Medicine, ibu hamil cenderung mengalami insomnia karena merasa tidak nyaman disaat tidur. Ini terjadi terutama pada trimester ketiga ketika perut membesar dan kamu mengalami banyak ketidaknyamanan selama kehamilan.

$ads={2}


Untuk mengatasi insomnia saat hamil, ibu bisa tidur siang secara teratur minimal 30 menit sehari. Sebaiknya durasi tidur siang tidak terlalu lama agar pada malam hari kamu bisa lebih banyak beristirahat.


5. Meningkatkan konsentrasi


Kehamilan dapat menurunkan konsentrasi ibu hamil karena tubuh lebih mudah lelah. selama masa kehamilan, kamu akan mendapatkan manfaat dalam meningkatkan konsentrasi ketika melakukan tidur siang..


Saat ibu hamil tidur siang, oksigen mengalir ke otak secara optimal. Jadi aliran oksigen ini bisa mengembalikan fokus saat kamu selesai tidur siang atau melakukan aktivitas di sore hari.


Berapa lama tidur siang yang ideal selama kehamilan?


Jurnal Sleep Medicine menerbitkan penelitian tentang waktu ideal untuk tidur siang selama kehamilan. Meskipun tidur siang selama kehamilan memiliki banyak manfaat, namun tidak boleh terlalu lama.


Waktu yang ideal untuk tidur siang adalah sekitar 30 hingga 90 menit dan menyesuaikan dengan kondisi. Jika kamu seorang pekerja kantoran, kamu bisa beristirahat sejenak untuk tidur siang selama 30 menit.


Demikian artikel mengenai " Ibu Hamil Tidur Siang: Aturan dan Manfaat yang perlu diketahui "


Semoga informasi ini bermanfaat bagi para Bumil yah...


(H/S)


Referensi:

- hellosehat.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama