Inilah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI LINUX


FORDIASI.COM | INFORMASI - Apa kabar kalian semua? Kali ini kita akan membahas topik seputar teknologi, yaitu tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux.


Linux merupakan salah satu sistem operasi paling populer untuk komputer bersama dengan Windows dan MacOS. Tentunya Linux memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan sistem operasi lain. Bagi kalian yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan sistem operasi Linux, silakan disimak baik-baik.

$ads={1}


Kelebihan Linux


1. Open source. Ini merupakan kelebihan utama dari Linux. Kode sumber Linux bebas diakses oleh siapa saja. Ini berarti Linux bisa didapatkan secara gratis dan bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kalian sebagai pengguna.


2. Lebih aman. Ini karena setiap menjalankan program diperlukan authorization sehingga virus akan lebih sulit menjangkiti perangkat lunak, tapi bukan berarti Linux benar-benar kebal karena masih ada beberapa virus yang bisa menjangkiti Linux, tapi tidak separah sistem operasi lain. Selain itu, Linux juga tidak mengumpulkan data penggunanya.


3. Lebih ringan. Linux cenderung lebih ringan daripada sistem operasi lain, sehingga hardware yang sudah ketinggalan zaman masih bisa menggunakannya.


4. Bisa dilakukan customization. Kalian bisa mengatur sendiri fitur dan tampilan Linux sesuatu dengan kebutuhan. Kalian bisa menambah ataupun menghapus fitur dalam Linux sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa mengatur tampilan Linux sesuai dengan selera kalian.

$ads={2}


5. Banyaknya pilihan distro. Kalian bisa memilih distro sesuai dengan kebutuhan kalian. Setiap distro biasanya dibuat dengan memfokuskan fungsi yang berbeda.


Kekurangan Linux


1. Tidak banyak dukungan aplikasi. Banyak aplikasi yang tidak disediakan untuk sistem operasi Linux.


2. Dukungan hardware. Kebanyakan perangkat dirancang untuk menjalankan sistem operasi Windows. Jadi, ketika diinstall, Linux bisa menyebabkan beberapa hardware tidak akan berfungsi. So, pastikan drivers hardware terdeteksi saat meng-install Linux.


3. Layanan bantuan berbayar. Untuk kalian yang mengalami kesulitan, tapi tidak mau membayar layanan bantuan, bisa bertanya di forum komunitas Linux yang banyak tersebar di Internet.


Mungkin itu saja untuk postingan kelebihan dan kekurangan Linux. Semoga bisa membantu kalian yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan Linux.


Oleh: Ksatria, Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama