Kamboja: Tumbuhan Mistis Area Pemakaman


KAMBOJA: TUMBUHAN MISTIS AREA PEMAKAMAN


FORDIASI.COM | INFORMASI - Lahan Pemakaman merupakan salah satu lahan yg sangat erat kaitannya dengan tata ruang wilayah dan resapan air. Lokasi di sekitar pemakaman pun biasanya juga dapat berfungsi sebagai lahan hijau atau ruang terbuka hijau yg ditanami berbagai jenis tumbuhan hijau. Salah satu jenis tumbuhan yg sering tumbuh subur dan sengaja ditanam di area pemakaman dan sekitarnya adalah Tumbuhan Kamboja.


Namun seringkali cerita mitos beredar di masyarakat daerah bahwa Tumbuhan Kamboja ini menyimpan kaitan mistis dengan dunia gaib karna dipercaya dapat memanggil setan dan jin serta salah satu habitat makhluk gaib di kuburan. Kamboja ini seolah ditakuti oleh beberapa kalangan masyarakat karna stigma negatif ini, yg memicu ketakutan berlebihan terhadap tumbuhan kamboja ini.

$ads={1}


Namun penjelasan yg lebih masuk akal mengenai alasan banyaknya kamboja di area pemakaman mesti ditelusuri lebih lanjut agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat. Tumbuhan kamboja ini menghasilkan bunga yg cukup indah dan memberi harum wewangian di sekitarnya, hal inilah yang menjadi alasan utama latar belakang tumbuhan ini sengaja ditanam di area pemakaman.


Bahkan pada waktu tertentu, bunga bunga kamboja yg indah ini kerap berguguran menghiasi dan mengharumi sekitar area pemakaman. Hal ini akan secara otomatis merupakan tabur bunga alami. Tumbuhan Kamboja sendiri merupakan tumbuhan yg memerlukan lahan yg subur, hal ini pula yg membuat kamboja cocok ditanam di area kuburan dan area taman. Kamboja ini juga memiliki kemampuan menyerap bau dan polusi. Kemampuan menyerap bau ini yg juga sangat cocok jika kamboja ditanam di area pemakaman dan pertamanan.


Kamboja ini merupakan tumbuhan dari genus plumeria. Kamboja juga memiliki beberapa jenis yg tumbuh di Indonesia mulai dari yg memiliki bunga berwarna putih, merah, merah muda hingga kuning. Kamboja merupakan tumbuhan hias yg memiliki nilai estetika jika ditanam pada area tertentu dan erat dengan budaya daerah masyarakat Indonesia.

$ads={2}


Selain itu tumbuhan kamboja ini juga dibeberapa daerah dimanfaatkan sebagai campuran untuk obat tradisional. Getah kamboja dipercaya bisa menyembuhkan penyakit bisul, borok, kutil, kapalan, dan penyakit kulit lainnya. Namun obat tradisional ini memerlukan penelitian dan pengembangan lanjutan agar pemanfaatannya lebih maksimal dan terpercaya.


Oleh: Dodi Prasetyo | Forestry | Conservation | Agriculture | Content Writer | Marketing | Surveyor | Open To Work | Project | Freelance


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama