Kenitu: Buah Lokal Rasa Internasional


KENITU: BUAH LOKAL RASA INTERNASIONAL


FORDIASI.COM | INFORMASI - Buah Kenitu atau Sawo Duren merupakan salah satu buah lokal asli Indonesia yang sangat legendaris di masa lalu. Namun sumber lain tentang buah ini juga mengklaim buah ini berasal dari Dataran Amerika sebelum menyebar ke Nusantara. Buah ini dijuluki pula dengan sebutan daerah seperti Sawo Hejo atau Sawo Apel, selain itu buah ini juga memiliki nama latin Chrysophyllum cainito.


Buah kenitu tumbuh subur dibeberapa wilayah Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur di masa lalu. Buah ini memiliki rasa khas manis yg mampu menggoyang lidah jika dikonsumsi. Namun selain rasanya yg nikmat buah kenitu ini juga memiliki khasiat yg nyata jika dikonsumsi. Buah kenitu ini sangat baik digunakan sebagai menu diet pengontrol berat badan. Buah kenitu ini rendah kalori dan lemak, serta mengandung serat yg tinggi yg mampu memberi efek kenyang lebih lama.

$ads={1}


Di beberapa daerah buah dan daun kenitu ini diolah pula menjadi ekstrak obat dalam pengobatan tradisional untuk pengobatan penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Namun diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji manfaat optimal dari penggunaan ekstrak kenitu ini agar lebih populer lagi. Bagi para pria dewasa, buah kenitu ini terkenal sebagai tonik atau obat kuat alami selain buah semangka yg mampu menambah stamina pria.


Buah kenitu ini juga cenderung lebih aman dikonsumsi karna rendah lemak. Selain dikonsumsi langsung buah kenitu ini juga kerap diolah menjadi bahan baku es krim dan beberapa produk makanan dan kue lainnya. Pohon kenitu sendiri umumnya mulai berbuah ketika memasuki tahun ke 5 atau 6 semenjak ditanam. Namun hal tersebut tergantung pada perawatannnya.


Bagian lain dari pohon kenitu ini ternyata juga memiliki manfaat seperti pada kulit pohonnya yg digunakan oleh masyarakat tradisional untuk obat batuk & obat kuat. Namun efektivitas pengobatan tradisional ini memerlukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan manfaatnya. Upaya penelitian dan pengembangan ini juga akan membantu menambah popularitas buah kenitu ini di masyarakat.

$ads={2}


Buah kenitu biasanya memasuki musim panen ketika musim kemarau tiba, hal ini juga yg membuat rasa dari buah kenitu ini lebih manis dari biasanya. Namun seiring musim yg tak menentu musim panen pun semakin sulit ditebak. Buah kenitu ini merupakan buah lokal yg kini mesti dijaga dan dilestarikan, buah yg harus dikenalkan lagi ke masyarakat agar lebih populer.


Betapa indahnya Negeri ini bahkan dari jenis buah pun sangat beragam.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama