Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Spesifikasi dan Teknologi Lengkapnya


KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG: SPESIFIKASI DAN TEKNOLOGI LENGKAPNYA


FORDIASI.COM | NEWS - KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina) menargetkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi pada akhir 2022 akhir atau sebelum acara pelaksanaan G20. Sementara itu, pada awal tahun 2023, kereta yg memiliki kecepatan kisaran 350 km/jam itu diharapkan bisa mengangkut penumpang secara komersial. "Jadi November 2022 sudah bisa diuji


Beberapa saat lalu marak di media sosial terkait proyek kereta cepat Jakarta- Bandung.


Salah satunya karna kereta cepat ini diizinkan didanai dari Anggaran Pendapatan serta Belanja Negara( APBN) oleh pemimpin negara kita yakni Presiden Joko Widodo.


Akan tetapi gimana spesifikasi serta teknologi dari kereta cepat itu? Ikuti postingan dari fordiasi.com berikut ini.


PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina) mengatakan jenis kereta cepat yg hendak dipakai pada proyek kereta cepat Jakarta- Bandung ialah CR400AF.


PT KCIC sendiri merupakan perusahaan patungan hasil kongsi 4 BUMN, ialah PT KAI, PT Wijaya Karya( Persero), PTPN VIII, serta PT Jasa Marga( Persero) dengan industri Cina yg menangani proyek kereta cepat Jakarta- Bandung

$ads={1}


CR400AF merupakan kereta produksi Cina generasi terbaru yg merupakan hasil pengembangan jenis CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang.


Spesifikasi


CR400AF mempunyai dimensi yg lebih besar dari jenis sebelumnya, kereta cepat ini mempunyai luas 3, 36 m serta besar 4, 05 m dengan panjang kepala kereta 27, 2 m serta intermediate kereta 25 m.


Dikutip dari web Railway Technology, kereta berkecepatan besar terpanjang di Cina ini sanggup menampung 1. 283 penumpang.


Tidak hanya itu, CR400AF pula mempunyai masa penggunaan lebih lama sampai lebih dari 30 tahun( semenjak tahun penciptaan) & anggaran pemeliharaan yg lebih ringan.


Kecepatan kereta


CR400AF mempunyai kecepatan desain sampai 420km atau jam & kecepatan operasional 350 kilometer atau jam. Satu rangkaian kereta CR400AF terdiri dari 8 gerbong( cars) dengan komposisi 4 cars bermotor serta empat cars tanpa motor.

$ads={2}


Meski mempunyai kecepatan yg amat tinggi, CR400AF sanggup meredam getaran serta suara di dalam kereta dengan cara maksimal sebab kereta ini mempunyai cabin noise yg lebih kecil.


Jakarta- Bandung 36 menit


Dengan kecepatan tinggi itu, CR400AF Kereta Cepat Indonesia akan menempuh jarak 142, 3 kilometer Jakarta- Bandung cuma dalam durasi 36 menit guna ekspedisi langsung, sampai 46 menit dengan keadaan perjalanan berhenti di tiap stasiun.


Rem darurat


Tidak hanya itu, Dikutip dari CNN, CR400AF juga dilengkapi dengan 2 emergency brake. Yg pertama disebut emergency Brake EB yg bekerja berlandaskan perintah driver controller, sarana emergency brake penumpang serta pengendalian kewaspadaan masinis.


Sementara itu emergency brake kedua disebut emergency brake UB yg bakal aktif berdasarkan guna Automatic Train Protection( ATP), pendeteksi jarak antar kereta serta pada saat power kereta dalam situasi off atau tidak bekerja. 


Demikian artikel " Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Spesifikasi dan Teknologi Lengkapnya  "


Semoga informasi ini bermanfaat


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama