Kesejahteraan dan Masalah Perekonomian di Indonesia


KESEJAHTERAAN DAN MASALAH PEREKONOMIAN DI INDONESIA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Sebagai bangsa yang merdeka dan tidak lagi dijajah oleh bangsa asing, tentunya kita harus memiliki tujuan untuk menjadikan Indonesia negara yang sejahtera.


Apakah negara kita telah Sejahtera?


Tentu tidak, taraf hidup kita masih di bawah rata-rata, sulit mencari pekerjaan bahkan masih banyak orang yang hidup tidak layak. Bahkan saat ini kita masih sering melihat anak-anak terlantar.


Mereka dan orang miskin harus dirawat oleh negara. Jadi inilah masalah dan tantangan kita hari ini. Kenyataannya masih banyak masalah yang terjadi di sekitar kita.


Dalam pembahasan ini, kita akan melihat apa saja masalah utama pembangunan ekonomi yang harus menjadi perhatian besar. Nah, isu-isu utama dalam pembangunan antara lain:


Inflasi


Beberapa waktu lalu, kita mengalami penurunan nilai rupiah, karena banyaknya uang yang beredar, yang menyebabkan harga sejumlah barang naik.


Dengan peningkatan seperti ini berdampak pada dunia usaha yang berujung pada penurunan daya beli masyarakat, sehingga otomatis perusahaan akan mengurangi kapasitas produksinya bahkan menghentikan produksinya.

$ads={1}


Begitu banyak orang akan dibiarkan menganggur, karena produksi berhenti, mau tidak mau banyak karyawan yang akan diberhentikan. Hal ini menunjukkan bahwa inflasi merupakan masalah utama pembangunan.


Kemiskinan



Tidak hanya Indonesia, bahkan semua negara menganggap kemiskinan sebagai masalah utama yang perlu diselesaikan secepatnya. Kemiskinan ini terjadi karena disebabkan oleh hal-hal yang bersifat alamiah dan buruknya strategi dan kebijakan pembangunan yang ada.


Para ahli sendiri melihat kemiskinan ini sebagai masalah struktural. Kemiskinan struktural adalah yang dialami oleh sekelompok orang karena struktur sosial masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber-sumber pendapatan.


Namun, pada kenyataannya, pendapatan tersedia untuk mereka. Jika tujuan pembangunan dapat dicapai secara adil, maka masalah kemiskinan sangat penting untuk terus dipelajari dan diusahakan untuk diatasi.


Solusi untuk mengurangi angka kemiskinan itu sendiri dapat dilakukan sebagai berikut:


  1. Meningkatkan kesempatan kerja
  2. Menyelenggarakan program bantuan pendidikan gratis
  3. Menciptakan inovasi dan kreativitas


Ketimpangan dalam distribusi pendapatan



Masalah ketimpangan distribusi pendapatan dapat mempengaruhi peningkatan angka kemiskinan di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tidak dapat mengurangi kemiskinan.


Sehingga terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan membuat perbedaan yang besar antara si miskin dan si kaya, tentunya hal ini akan menimbulkan kecemburuan sosial dan dampak yang lebih besar lagi adalah tindakan kriminal dimana-mana.


Nah, solusi untuk mengatasi ketimpangan distribusi pendapatan adalah dengan melakukan pembangunan di semua wilayah yang terindikasi ketimpangan, jika sudah dilakukan penyerapan tenaga kerja bisa tercapai terutama dari masyarakat sekitar. .


Seiring waktu, tingkat pengangguran akan menurun dan tingkat ketimpangan dalam distribusi pendapatan dapat diatasi.


Pengangguran



Pengangguran merupakan masalah jangka panjang yang harus dialami oleh semua negara, termasuk Indonesia. Banyaknya pengangguran akan berdampak pada penurunan produktivitas dan pendapatan masyarakat sehingga kemiskinan akan muncul dimana-mana.


Oleh karena itu, masalah utama pembangunan adalah kemiskinan dan pengangguran. Banyak hal yang harus dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi dua hal tersebut, apalagi sekarang ini sejak merebaknya virus Corona semakin banyak orang yang di PHK.

$ads={2}


Solusi yang dapat dilakukan untuk menekan angka pengangguran adalah dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Jika lowongan pekerjaan meningkat, pencari kerja akan diberikan rumah untuk diterima.


Finansial



Jika sumber dana tidak jelas atau bahkan tidak ada sumber dana, pembangunan tidak dapat berlangsung. Selain itu, banyak pembangunan yang terhenti dan tidak dapat dilanjutkan karena korupsi dana pembangunan.


Jadi jika ada masalah keuangan, proses pembangunan akan terhenti.


Itulah poin-poin penting yang menjadi permasalahan utama dalam melaksanakan pembangunan ekonomi suatu negara, serta solusi yang harus dilakukan untuk mengatasinya.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama