Kunang Kunang: Serangga Terang Pemikat Malam


KUNANG KUNANG: SERANGGA TERANG PEMIKAT MALAM


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Kunang kunang merupakan serangga sejenis kumbang yg memancarkan cahaya di malam hari. Kemampuan untuk produksi cahaya ini yg membuat keunikan pada kunang kunang dalam bertahan dari pemangsanya, juga pemikat pasangan serta dalam memburu makanan. Kunang kunang hidup pada persawahan, hutan, rawa, lautan, atau pedesaan yg memiliki kualitas lingkungan baik.

$ads={1}


Keberadaan serangga ini dapat dijadikan Bio Indikator menilai kualitas lingkungan. Serangga kecil ini dapat bertahan hidup jika lingkungannya berudara segar, tanah subur dan air jernih. Terbukti dari habitat kunang kunang yg berkelembapan tinggi. Udara dan air yg bersih akan melestarikan populasi kunang kunang.


Namun saat ini seiring terjadi alih fungsi lahan serta pencemaran udara, air & lingkungan populasi kunang kunang seolah semakin tergerus jaman. Peran kunang kunang sebagai predator alami dari hama juga sangat penting. Selain itu serangga ini juga berperan sebagai pakan dari burung dan binatang reptil lain.


Pesona Kunang Kunang ini juga sangat elok dijadikan destinasi wisata pendidikan konservasi alam. Semisal di Kabupaten Bogor terdapat Taman Kunang Kunang. Lokasi wisata konservasi alam ini menyediakan pesona kunang kunang menerangi malam.

$ads={2}


Kunang kunang ini juga erat berkaitan dengan mitos masyarakat yg menyatakan bahwa kunang kunang ini adalah bekas kuku orang yg sudah meninggal dunia atau jelmaan setan sawah. Namun mitos tersebut perlu mendapatkan edukasi agar fakta tentang serangga ini bisa diketahui orang.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama