Mengenal apa itu Baby Blues, Penyebab, Gejala dan Cara mengatasinya


MENGENAL APA ITU BABY BLUES, PENYEBAB, GEJALA DAN CARA MENGATASINYA


FORDIASI.COM | HEALTH - Baby blues yang juga bisa disebut Postpartum Blues atau Postpartum Distress Syndrome, merupakan gangguan suasana hati ibu di hari - hari setelah melahirkan. Sekitar 40% - 80% ibu umumnya mengalami Baby Blues, dan biasanya Baby Blues terjadi pada 14 hari pertama setelah melahirkan. Gejalanya memang terlihat sepele, akan tetapi menurut dokter Baby Blues harus segera ditangani agar tidak berkembang menjadi Postpartum Depression (depresi pasca melahirkan). 


Depresi pasca melahirkan sendiri gejalanya hampir sama dengan Baby Blues, hanya saja depresi pasca melahirkan durasinya lebih lama dan tingkat frekuensi lebih kuat serta gejalanya lebih keras daripada Baby Blues. 

$ads={1}


Penyebab Baby Blues


Penyebab Baby Blues belum diketahui hingga saat ini, namun beberapa hal dapat di katakan sebagai pemicu Baby Blues, diantaranya :


  1. Perubahan hormon, umumnya para ibu baru kewalahan dalam mengurus semuanya, ditambah adanya perubahan serta tanggung jawab barubaru untuk mengasuh si kecil. 
  2. Kurang tidur
  3. Kesulitan beradaptasi


Gejala Baby Blues


  1. Menangis tanpa alasan yang jelas
  2. Merasa mudah kesal
  3. Cepat merasa lelah
  4. Hilangnya atau tidak memiliki rasa percaya diri
  5. Mudah tersinggung
  6. Sulit beristirahat


Cara mengatasi Baby Blues


  1. Jangan bebani diri, apabila anda kewalahan dalam mengurus si kecil atau pekerjaan rumah jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan kepada orang terdekat atau pasangan anda sendiri. 
  2. Tidur yang cukup
  3. Olahraga rutin dan makan makanan berkualitas
  4. Berbagi cerita, anda dianjurkan untuk berbagi cerita kepada ibu lainnya atau suami anda sendiri. 

$ads={2}


Menjawab beberapa pertanyaan yang sering saya lihat tentang apakah para suami bisa mengalami Baby Blues? Tidak, Baby Blues hanya di alami oleh wanita saja. Namun bukan berarti tidak ada, para suami biasanya mengalami depresi pasca kelahiran bayi yang kebanyakan orang awam mengenalnya sebagai Baby Blues. Seperti yang saya jelaskan di atas, keduanya memiliki perbedaan pada frekuensi dan lamanya durasi. 


Perlu diingat, apabila gejala - gejala yang saya sebutkan tadi tidak kunjung membaik segeralah minta pertolongan dokter, karena mungkin saja anda mengalami depresi pasca lahir.


Oleh: Leony

Referensi: Alodokter, Cussonbaby


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama