Mengenal apa itu Tradisi Ruwatan, Sejarah dan Acaranya

MENGENAL APA ITU TRADISI RUWATAN, SEJARAH DAN ACARANYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Hai sobat fordiasi... saya akan membahas tentang Ruwatan, apakah kalian pernah mendengar tradisi ruwatan? atau malah pernah diruwat?. 


Ruwatan berasal dari kata ruwat yang berarti terbebas atau terlepas, tradisi ruwatan diselenggarakan untuk membebaskan seseorang dari kekotoran yang disebut dengan sengkala dan sukerta. 


Orang sengkala dan sukerta ada banyak jenis namun yang digunakan hanya 25 menurut kitab murwakala sebagian diantaranya adalah gotong mayit (anak 3 laki semua), pandhawa (5 laki semua), ontang anting (anak tunggal), pandawi (5 perempuan), dhampit (kembar), julung wangi (anak lahir saat matahari terbit), julung sungsang (saat tengah hari) dan julung caplok (saat senja hari).

$ads={1}


Orang orang tersebut diperuntukkan untuk diruwat karena menurut cerita dulu bhatara kala ingin meminta makan daging manusia kepada hyang Guru dan hyang guru mengizinkan namun hanya dari orang sukerta, nah makanya dari itu ruwatan digelar untuk membebaskan manusia dari mangsa bhatara kala. 


Ruwatan sukerta digelar dengan pertunjukan wayang kulit dengan lakon Murwakala atau sudhamala dimana dalang dari wayang ruwat disebut dengan dalang Kandhabuwana/sanggabuwana dalang ruwat tidak boleh sembarangan harus memenuhi syarat seperti sudah menikah, tidak berpoligami, sudah bubak kawah, keturunan dalang, tidak duda, dan mampu menjalani tirakat. Konon dalang ruwat merupakan titis dari Sanghyang Wisnu karena dulu Sanghyang narada yang mengetahui bhatara kala memangsa banyak orang, menyuruh hyang Wisnu untuk menjadi dalang ruwat dan hyang brahma untuk menjadi penggender. 


Dalam acara ruwatan ada banyak macam sesaji yang dihaturkan mulai dari pala pendem pala simpar, pala bungkah, sajen ageng, pisang tarub (pohon pisang beserta pisangnya), jarik berbagai motif, cok bakal, jenang sekala, buceng, jajanan pasar,dll. 

$ads={2}


Sumber: pagelaran ruwatan swargi Ki Manteb S.


Semoga informasi ini bermanfaat


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama