Pengertian, Fungsi dan manfaat Jaringan Komputer


PENGERTIAN, FUNGSI DAN MANFAAT JARINGAN KOMPUTER


FORDIASI.COM | KOMPUTER - Fungsi dan manfaat jaringan komputer. Seperti yang kita ketahui di zaman modern sekarang ini, penggunaan komputer hampir universal di semua kalangan. Terlebih lagi, saya sangat merasakan penggunaan jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari.


Tanpa jaringan komputer dan internet dalam waktu yang lama, pasti akan berdampak besar bagi kehidupan. Bahkan untuk sesaat jaringan komputer terputus, banyak aktivitas akan lumpuh.


Namun dibalik kelebihan jaringan komputer, ternyata ada juga kekurangan dari jaringan komputer.


Penjelasan sederhana tentang fungsi jaringan komputer. Peran jaringan komputer yang tidak lepas dari gaya hidup dan kebutuhan manusia modern saat ini telah menimbulkan beberapa masalah umum yang melanda.


Dan hari ini saya hanya akan menjelaskan fungsi jaringan komputer lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Namun sebelum itu, simak beberapa materi tentang pengertian jaringan komputer berikut ini.


Apa itu jaringan komputer?


Pengertian jaringan komputer adalah hubungan antara dua komputer atau lebih yang terstruktur dalam suatu sistem yang memungkinkan terjadinya interaksi. Secara sederhana, tujuan dari jaringan komputer adalah agar node-node dari jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi sesuai dengan tujuan dari jaringan komputer itu sendiri.


Dalam membangun sebuah jaringan komputer, khususnya LAN (Local Area Network), hal utama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan setiap node untuk jaringan tersebut dan tujuan dari pembuatan jaringan komputer itu sendiri.


Fungsi jaringan komputer


Fungsi jaringan komputer dapat dilihat di bawah ini!


1. Mempercepat proses transfer data dan file sharing


Dengan menggunakan jaringan komputer, kita dapat mempercepat proses pemindahan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Oleh karena itu, fungsi jaringan komputer adalah untuk menghemat waktu dalam pengiriman data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain.


2. Keandalan (Reabilitas) tinggi


Jaringan komputer memiliki keandalan yang tinggi. Keandalan tinggi adalah kemampuan jaringan komputer untuk berbagi data di antara berbagai perangkat, seperti perangkat satu, dua, dan tiga, sehingga ketika komputer mengalami masalah atau kegagalan yang menyebabkan hilangnya data, data dapat dipulihkan dari perangkat lain.

$ads={1}


3. Hemat biaya


Perkembangan teknologi informasi telah membuat biaya yang diperlukan menjadi jauh lebih murah. Dengan menggunakan internet, kita dapat menghemat biaya transfer data.


Bahkan dalam membangun jaringan komputer melalui teknologi perangkat jaringan komputer yang canggih, biaya komunikasi lebih murah dan cepat. Misalnya, dalam jaringan LAN, menggunakan kabel menjadi nirkabel.


4. Penyebaran informasi lebih cepat


Dengan adanya jaringan komputer global atau internet, informasi dari berbagai belahan dunia dapat dengan cepat menjangkau berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, jaringan komputer memiliki fungsi yang sangat sentral dalam hal penyebaran informasi secara cepat.


5. Informasi yang dikirim lebih aman dan terlindungi


Data dan informasi yang dikirim melalui jaringan komputer jauh lebih aman dari kerusakan fisik. Selain itu, kerahasiaan informasi juga lebih terjamin.


Meski diakui data di jaringan komputer juga rentan diretas, namun secara umum informasi yang dikirim lebih aman dan terlindungi melalui jaringan komputer, terutama kerusakan fisik.


Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis topologi jaringan komputer yang dijadikan sebagai model atau skema dalam pembangunan suatu jaringan komputer agar jaringan yang dibangun lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dan manfaat yang diperoleh dari pembuatan jaringan tersebut.


Setidaknya ada 3 hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih topologi jaringan komputer sebelum memasang jaringan komputer, yaitu mempertimbangkan kebutuhan jaringan, pengembangan jaringan komputer, dan biaya pemasangan jaringan komputer.


Jika Anda belum melihat perkembangan awal jaringan komputer saat ini, ada baiknya Anda melihat artikel sebelumnya tentang sejarah jaringan komputer.


6. Alat komunikasi jarak jauh


Dengan jaringan komputer, kita dapat berkomunikasi dari jarak jauh, tidak hanya melalui teks dan suara, tetapi juga melalui panggilan video. Untuk menikmati layanan ini tentunya kita harus terkoneksi dengan jaringan komputer dengan menggunakan fasilitas internet yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider).


7. Perluasan jaringan melalui jejaring sosial.


Fungsi terakhir dari jaringan komputer adalah untuk memperluas jaringan melalui jejaring sosial. Kita bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai tempat dan negara, menjalin relasi dan bisnis tanpa harus bertemu langsung.

$ads={2}


Kekurangan jaringan komputer


Manfaat menggunakan jaringan komputer sudah sangat diapresiasi oleh masyarakat. Mulai dari jaringan komputer sebagai sarana memperoleh hiburan, informasi yang bisa didapat lebih cepat dari Google, banyak perusahaan online yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang dari internet dan membuka peluang bagi pengusaha muda untuk memulai perusahaan baru, dan lain-lain.


Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa kelemahan dari jaringan komputer. Seperti membuat sikap orang menjadi lebih individualistis, yang lebih dekat dan yang lebih dekat menjadi jauh karena media sosial, dan informasi yang beredar begitu cepat seringkali bukanlah informasi yang benar melainkan hoax. Untuk itu, berbagai informasi dari Internet yang diperoleh melalui jaringan komputer harus disaring dan diproses secara memadai, benar dan memadai.


Demikian artikel mengenai " Pengertian, Fungsi dan manfaat Jaringan Komputer "


Semoga bermanfaat


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama