Pilih Komputer Rakitan atau PC Branded? Begini Penjelasannya...


PILIH KOMPUTER RAKITAN ATAU PC BRANDED? BEGINI PENJELASANNYA...


FORDIASI.COM | KOMPUTER - Semua kelas bisnis dan individu memiliki tantangan yang sama ketika memutuskan untuk membeli komputer berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Upaya untuk memahami kebutuhan setiap pengguna dan mencocokkan kebutuhan tersebut dengan sistem yang tepat dan anggaran yang ada dapat menjadi rumit.


Kelas bisnis seringkali memiliki staf ahli IT yang dapat memilih dan merekomendasikan spesifikasi komputer yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan pada bisnis kamu. Namun, usaha kecil dan individu belum mengenal Hardware atau spesifikasi PC yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Kelebihan dan Kelemahan PC Rakitan dan PC Branded


PC branded adalah seperangkat komputer yang dikemas dalam paket bermerek atau merek vendor dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan jenis yang ditentukan oleh vendor. Merek yang kuat dianggap sebagai jaminan kualitas. Mereka yang memiliki anggaran agak longgar cenderung membeli komputer bermerek atau bermerek daripada membeli komputer rakitan yang kualitas dan layanannya tidak jelas.

$ads={1}


Keuntungan dari komputer branded:

PC bermerek lebih aman, terutama dalam hal spesifikasi komponen perangkat keras. Kualitas komputer branded terjamin karena supplier komputer branded memiliki standar kualitas. Setiap produk akan melalui semacam uji sistem dan kontrol kualitas. Produk bermerek telah dirakit sebelumnya dengan spesifikasi yang telah melalui pengujian. Jika kita membeli komputer rakitan, kita tidak tahu apakah komponen rakitan itu menimbulkan konflik atau tidak, apakah kinerja yang dihasilkan bagus atau tidak. Jika kamu membeli produk yang bermerek, kamu dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebisa mungkin.


Dengan produk yang sudah dikemas dengan baik, konsumen tidak perlu lagi khawatir dengan spesifikasi komputer yang benar. PC bermerek memiliki perawatan yang mudah, seperti memperbarui dan memperbarui driver atau versi BIOS.


Pasti ada jaminannya, PC branded juga menyediakan jasa perbaikan kerusakan, penggantian suku cadang, jasa konsultasi dan komplain. Misalnya, Compaq menawarkan layanan pusat panggilan dan layanan permintaan Compaq di situs webnya. Zyrex telah mendirikan pusat layanan teknis di berbagai lokasi di situsnya. Konsumen dapat menggunakannya. Berbagai driver dapat diunduh dari situs zyrex. Layanan purna jual selalu diberikan oleh PC bermerek yang akan menjawab semua keluhan kamu tentang produk mereka. Sebagai konsekuensi dari layanan ini, harga produk bermerek biasanya lebih mahal. Disusul dengan PC merek lokal dan rakitan komputer terbaru. Tentu saja, masalah harga menjadi perhatian khusus bagi konsumen. Yang penting konsumen harus waspada saat memilih komputer.


Ada beberapa merek komputer di pasaran, antara lain produk luar negeri: Compaq, Acer, Dell, Asus. Produk dalam negeri antara lain Mugen, Zyrex dan Relion. 


Komputer rakitan


Disebut juga dengan Jangkrik PC yaitu PC yang tidak bermerek atau bermerek dari satu vendor. Konsumen dapat memilih setiap komponen hardware yang digunakan di PC sesuai dengan merek dan tipe yang diinginkan.

$ads={2}


Komputer jenis ini umumnya dibeli oleh konsumen yang sudah memahami seluk beluk setiap komponen komputer. Jika kamu tidak mengetahui komponen yang harus dibeli dan digunakan, pabrikan atau toko komputer sering melakukan kesalahan. Mereka menawarkan produk berkualitas buruk, tetapi mengatakan bagus dengan harga yang tidak masuk akal.


Kelebihan komputer rakitan


Pengguna komputer dapat memilih sendiri merek dan jenis perangkat keras sesuai dengan keinginannya.


Pengguna PC rakitan dapat memodifikasi komputer tanpa harus bergantung pada vendor agar lebih fleksibel.


Harga komputer rakitan lebih murah daripada jenis PC bermerek.


Konsumen yang memiliki pengetahuan tentang komponen komputer akan mendapatkan kualitas komponen PC yang lebih baik.


Tanda pada komputer rakitan sesuai dengan tanda pada setiap komponen yang dipilih. Garansi yang diberikan adalah untuk setiap komponen saja, tidak pada satu paket PC.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama