Sering keliru, Inilah Perbedaan Teori dan Hipotesis


SERING KELIRU, INILAH PERBEDAAN TEORI DAN HIPOTESIS


FORDIASI.COM | INFORMASI - Sering sekali saya menemukan masih saja banyak yang salah dalam menggunakan kata teori dan hipotesis ketika sedang menjelajahi grup-grup edukasi di Facebook. Mereka sering menggunakan kata teori saat sedang membahas sesuatu, padahal yang sebenarnya mereka bahas hanya sebuah hipotesis. Untuk itulah saya membuat tulisan ini.


Apa itu Hipotesis?


Hipotesis adalah penjelasan yang disarankan untuk fenomena tertentu berdasarkan bukti yang terbatas. Menurut kamus Oxford, hipotesis adalah suatu anggapan atau penjelasan yang diusulkan, dibuat atas dasar bukti yang terbatas sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih lanjut. Hipotesis belum teruji dan terbukti secara ilmiah.

$ads={1}


Apa itu teori?


Teori adalah penjelasan yang benar dan baik untuk suatu fenomena. Menurut kamus Oxford, teori adalah anggapan atau sistem ide yang dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu, terutama yang didasarkan pada prinsip-prinsip umum dan independen dari hal yang harus dijelaskan. Tidak seperti hipotesis, teori telah teruji dan terbukti secara ilmiah.


Teori dan Hipotesis saling berhubungan


Hipotesis dapat dirumuskan dari teori-teori yang telah ada sebelumnya.

Sebuah hipotesis yang telah teruji dan terbukti dengan baik secara ilmiah, dapat menjadi sebuah teori. Untuk menjadi teori, hipotesis tidak cukup hanya teruji dan terbukti sekali, tetapi harus melewati pengujian berulang di berbagai keadaan.

$ads={2}


Contoh Teori dan Hipotesis


Teori relativitas Einstein adalah salah satu contoh teori yang paling terkenal. Teori ini telah berkali-kali diuji oleh para peneliti di seluruh dunia.


Hipotesis lubang putih. Hipotesis ini diperoleh dari penerapan teori relativitas pada permasalahan lubang hitam. Hipotesis lubang putih pernah menjadi salah satu kemungkinan untuk menjelaskan peristiwa GRB 060614, tetapi karena itu belum terbukti, lubang putih sampai sekarang masihlah sebuah hipotesis.


Biasakanlah menggunakan kata hipotesis untuk sesuatu yang belum terbukti dan gunakan kata teori jika sesuatu itu telah terbukti. Cukup sekian pembahasan pembahasan saya kali ini. Samapi jumpa lain waktu.


Oleh: Ksatria, Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama