Tips Menulis Tesis dengan Efektif Berdasarkan Pengalaman Pribadi


TIPS MENULIS TESIS DENGAN EFEKTIF BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI


FORDIASI.COM | INFORMASI - Untuk mengambil gelar S2, Mahasiswa harus menulis thesis untuk dipresentasikan kepada dosen penguji. dalam menulis Thesis, tentu isinya bukan hanya kumpulan teks saja, namun harus dikuasai dengan baik serta dengan tulisan yang efektif.


Sheila Ardiana, melalui akun facebooknya membagikan tips singkat pengalaman dalam menulis Thesis, berikut tulisannya:


Di bawah ini, saya akan sharing tulisan ecek-ecek bagaimana menulis thesis yang efektif, dan ini berdasarkan pengalaman pribadi yang sifatnya relatif, artinya tidak semua orang cocok juga menerapkannya:


1) No Day without Thesis, artinya jangan sampai ada hari dimana Anda tidak berhadapan dengan thesis. Meski cuman ½ jam, meski cuman bolak balik buku, meski cuma melototi thesis tetap sediakan waktu dalam 24 jam itu untuk berkencan dengan thesis. Dan mungkin inilah yang disebut dengan khaerul amali dawamuhu wa in qalla, sedikit dan berkelanjutan lebih baik daripada tidak sama sekali.

$ads={1}


2) Jika pikiran penat dan butuh rehat sejenak dari Thesis, silahkan jalan-jalan, ziarah, dan berbagai hal lain yg biasa Anda lakukan untuk melepas penat. Namun usahakan jangan lebih dari 2-3 hari, kenapa? Karena klo  libur seminggu aja apalagi sebulan pikiran bakal ambyar alias saat nanti mengerjakan kembali maka kudu mulai lagi dari awal, dan itu M-E-L-E-L-A-H-K-A-N.


3) Setiap hari usai mengerjakan thesis dan seblum menyudahi, catat di note kecil sampai mana belajar Anda hari ini, dan tulis juga besok akan membahas apa, besok akan nyari referensi di kitab apa, dst. Maklum-lah, saya sebagai emak-emak yang punya 2 bocils so pasti pikiran akan di-ambyar-kan dengan tangisan, nyuapi, dan berbagai macam kegiatan ngopeni anaks. Nah, dengan mencatat maka akan lebih cepat memulai dari titik yang sudah diselseikan hari itu dan menlanjutkannya kembali di esok hari.


4) Variasikan ‘referensi’ thesis: artinya, ketika sudah penat mencari referensi dengan membaca kitab, Anda bisa beralih sejenak ke referensi lain, seperti: menyimak pembahasan dari yutub, berdiskusi dengan teman seperjuangan, dst. 


5) Dll  . . .


*prinsip penting:


- waktu diluangkan bukan disisakan

$ads={2}


- mood dicari bukan ditunggu


Udah itu aja, yang penting langsung praktek, dan jangan lupa saling mendoakan.


_tulisan lama_


(Ternyata di laptopku ada beberapa tulisan setengah jadi, yg sampai sekarang belum terposting. Nah, supaya lebih bermanfaat, maka saya akan share tulisan yg sekiranya 'cukup' slesei dan layak untuk dipost, baik yang tulisan serius atau sekedar sharing santai seperti tulisan ini). 


Demikian informasi mengenai " Tips Menulis Tesis dengan Efektif Berdasarkan Pengalaman Pribadi "


Semoga informasi ini bermanfaat buat rekan-rekan yang ingin menulis tesis yah!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama