Ulin: Terancamnya Kayu Besi Khas Kalimantan


ULIN: TERANCAMNYA KAYU BESI KHAS KALIMANTAN


FORDIASI.COM | INFORMASI - Hutan Indonesia merupakan sumber keanekaragaman hayati bagi dunia. Hutan Tropis di Indonesia ini juga menyimpan berbagai potensi bagi masyarakat dari segi ekonomi, sosial budaya, pangan hingga wisata. Namun seiring perkembangan waktu aktivitas eksploitasi & alih fungsi lahan yg berlebihan menyebabkan terancamnya berbagai flora dan fauna endemik serta langka semisal Pohon Ulin ini.


Pohon Ulin disebut juga Kayu Besi atau Kayu Bulian ini bernama latin Eusideroxylon zwageri. Pohon Ulin ini memiliki kayu yg keras & awet yg menjadi ciri khasnya. Karna kualitasnya yg tahan terhadap serangan rayap, bakteri hingga perubahan suhu ini kayu ulin ini diminati masyarakat untuk bahan konstruksi dan industri sejak masa lalu, terkenal hingga mancanegara. Pohon Ulin ini diburu karna kekuatan kayunya menahan gerusan air laut, tak heran penggunaan bahan baku kayu ulin ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kapal.

$ads={1}


Hutan Kalimantan merupakan habitat asli dari pohon Ulin ini, bahkan terdapat Pohon Ulin terbesar di dunia yg terletak di Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur. Lokasi Pohon ini mengarah ke Daerah Sangatta. Pohon tersebut diperkirakan berusia 1000 tahun & menjulang tinggi diperkirakan 20 hingga 30 meter dengan keliling 8 sampai 10 orang dewasa.


Kini populasi pohon Ulin ini semakin jauh berkurang populasinya di Hutan dengan berbagai penyebabnya. Padahal proses regenerasi Pohon Ulin ini termasuk sangat sulit dikembangkan dan memerlukan penelitian serta biaya yg tidak sedikit. Pohon Ulin harus dijaga dari kepunahannya. Upaya konservasi yg telah dilakukan juga perlu mendapatkan dukungan berbagai elemen masyarakat.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama