3 Cara Mudah Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word


3 CARA MUDAH MEMPERBAIKI SPASI YANG BERANTAKAN DI MICROSOFT WORD


FORDIASI.COM | SOFTWARE - Menyalin teks dari suatu halaman di Internet ke Microsoft Word bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi hasil tulisan yang disalin itu akan memiliki masalah dalam tulisan Anda, ukuran font yang berantakan, jenis font dan spasi akan terlihat tidak rapi.


Untuk solusinya, Anda harus tahu dulu cara memperbaiki space yang berantakan di Microsoft Word, baik itu menggunakan komputer, laptop, PC dengan Windows 7,8 / 8.1 atau 10 yang diinstal di bawah ini.


3 Cara Mudah Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word


Ketika kita akan melakukan suatu pekerjaan di Microsoft Word, kita pasti menginginkan tulisan yang kita hasilkan rapi dan mudah dibaca untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Masalahnya terkadang tulisan yang kita hasilkan saat menyalin dari halaman lain akan bermasalah, baik hurufnya tidak berurutan maupun spasi yang lebarnya tidak beraturan, tidak seperti tulisan aslinya.

$ads={1}


Hal ini sering dialami oleh pelajar atau mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas sekolah dan kampus dengan mengambil sumber artikel dari internet. Sebelum masuk ke pembahasan utama tentunya sobat harus memahami terlebih dahulu apa penyebab penulisan berantakan dan spasi yang terlalu lebar pada Microsoft Word dibawah ini.


Penyebab spasi di Word terlalu jauh dan berantakan


Dari pengalaman saya sendiri menggunakan Microsoft Word, ada beberapa faktor yang membuat tulisan yang kita copy paste menjadi berantakan. Karena perbedaan jenis font yang digunakan, perataan teks Aligan Kiri, Aligan Kanan, dan Justify juga akan mempengaruhi hasil teks yang kita paste di lembar kerja kita.


Begitu pula dengan perbedaan versi Microsoft Word yang terinstall di perangkat kita, hal inilah yang sangat mempengaruhi hasil pengetikan yang berantakan di atas. Misalnya kita sedang mengerjakan tugas sekolah atau kampus di rental warnet menggunakan Microsoft Word 2007, ketika kita membukanya di komputer sekolah atau kampus menggunakan Microsoft Word 2010, akan menyebabkan teks yang dihasilkan bermasalah seperti spasi yang luas dan berantakan. ini karena adanya update dari versi lama ke versi terbaru.


Sebenarnya kita bisa mengurutkan tulisan yang berantakan secara manual satu per satu, tentunya akan membuang waktu kita. apa yang seharusnya bisa kita selesaikan dalam 30 menit bisa jadi 1 jam atau lebih. Agar lebih efektif, perhatikan cara menangani ruang yang berantakan di bawah ini.


Cara mengatasi ruang yang terlalu jauh, lebar dan berantakan


Untuk tulisan yang rapi, Anda bisa menyalinnya terlebih dahulu ke Notepad sebelum menyalinnya ke Microsoft Word. Ini akan membuat teks mengikuti jenis font dan struktur lain di Microsoft Word pada perangkat kita. \


Jika Anda sudah menyalin skrip ke Microsoft, Anda dapat mencoba metode selanjutnya.


1. Gunakan tombol Enter


Cara pertama bisa dilakukan dengan menggunakan tombol Enter. Posisikan kursor atau klik di bawah teks dengan spasi yang lebar dan berantakan, lalu tekan Backspace pada keyboard, lalu tekan tombol Enter.

$ads={2}


Bagaimana jika tidak ada kalimat lagi di bawah teks spasi? Sobat tinggal menekan tombol Enter di akhir artikel. Anda dapat menggunakan metode ini jika Anda tidak memiliki terlalu banyak ruang yang berantakan.


2. Menggunakan Find dan Replace


Jika tulisan di Microsoft Word banyak spasi yang berantakan, Anda bisa mengikuti cara kedua ini dengan menggunakan fungsi Find and Replace yang sudah tersedia di Microsoft Word.


  • Pertama, tekan Ctrl + H pada keyboard Anda dan kotak Temukan dan Ganti akan muncul.
  • Isi bidang "Temukan dan Ganti" dengan menekan tombol "Spasi" pada keyboard dua kali, dan "Ganti dengan" dengan menekan tombol "Spasi" sekali.
  • Kemudian klik "Ganti Semua" dan klik "Ya."
  • Jika masih ada tulisan yang berantakan, ulangi cara diatas sampai muncul notifikasi angka “0”.

 

3. Ubah jenis file


Cara mengatasi spasi yang terlalu jauh selanjutnya mungkin dengan mengubah jenis file dokumen Word di laptop atau komputer Anda.


  • Langkah pertama adalah membuka dokumen yang spasinya ingin Anda potong.
  • Kemudian simpan file dengan mengklik ikon Save As di kiri atas layar.
  • Setelah itu ganti Save as type dengan Word 97-2003 Document.
  • Kemudian klik Simpan atau Simpan.


Sebenarnya tidak semua tulisan yang kita copy dari internet akan mengalami masalah pada spasi yang berantakan, namun jika hal ini terjadi, setidaknya kita sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi spasi yang berantakan di Microsoft Word.


Memahami cara mencari penyebab dan mengatasi masalah dasar yang sering terjadi pada Microsoft Word. Mengerjakan PR sekolah atau kampus akan lebih mudah dilakukan dan tentunya akan lebih efisien.


Demikian tulisan mengenai " 3 Cara Mudah Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Microsoft Word "


Semoga bermanfaat


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama