5 Cara mudah Mengecek NIK Melalui Online


5 CARA MUDAH MENGECEK NIK MELALUI ONLINE


FORDIASI.COM | INFORMASI - Setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan wajib memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Namun, terkadang nomor yang diketik tidak valid atau ada kesalahan pengetikan. Nah, untuk mengetahui NIK kita sudah benar atau belum, kita bisa melakukan 5 cara cek NIK secara online.


5 Cara mudah Mengecek NIK Melalui Online


Cara cek NIK online hanya bisa dilakukan dengan menggunakan handphone. Ada 5 cara kita bisa cek NIK secara online. Berikut caranya:


1. Melalui pesan di Facebook dan Twitter


Cara pertama yang bisa kita coba cek NIK online adalah melalui pesan media sosial. Facebook dan Twitter adalah 2 akun media sosial yang bisa kita gunakan dengan berkirim pesan. Untuk mengirim pesan ke akun Facebook kami, kami dapat menghubungi 'Halo Dukcapil'. Sedangkan untuk akun Twitter, hubungi saja akun @ccdukcapil.

$ads={1}


Saat mengajukan pertanyaan tentang keakuratan data NIK kita di Facebook atau Twitter, cukup lampirkan nomor NIK yang kita miliki dengan pesan. Ingatlah untuk tidak sesekali mengirimkan data NIK melalui kolom komentar, hanya melalui kolom pesan. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan data pribadi kita agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


2. Cek melalui email


Cara kedua untuk memverifikasi NIK Anda secara online adalah dengan menghubungi administrator Dukcapil melalui alamat email. Metode ini lebih sederhana tetapi jawabannya biasanya agak panjang. Paling tidak, akan memakan waktu kurang lebih 1 x 24 jam sampai email mendapat balasan. Alamat email yang dapat Anda hubungi adalah callcenter.dukcapil@gmail.com.


3. Menggunakan panggilan melalui telepon


Jika Anda ingin Cek NIK Anda lebih cepat, melakukan panggilan telepon dapat menjadi pilihan. Hubungi Pusat Panggilan Dukcapil di 1500-537. Siapkan data terlebih dahulu seperti KTP, Kartu Keluarga untuk memudahkan pengajuan pengaduan terkait data NIK yang ingin diperiksa validitasnya.


4. Cek melalui situs web


Cara cek NIK online selanjutnya adalah dengan mengunjungi website Dukcapil. Buka website dukcapil.kemendagri.go.id dan sampaikan keluhan Anda terkait data NIK dengan mengakses menu e-KTP. Setelah itu, sistem akan mengecek data NIK yang Anda masukkan.


5. Cek NIK 


Cara terakhir untuk cek NIK online adalah dengan menggunakan WhatsApp di 0813-2691-2479. Isi informasi pribadi Anda seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal dan lain-lain. Nantinya, sistem akan membandingkan data yang Anda masukkan dengan data yang tercatat di Dukcapil.

$ads={2}


Pengecekan data NIK penting dilakukan untuk memudahkan penanganan berbagai masalah kependudukan. Dengan memiliki data yang konsisten dengan yang terdaftar di pemerintah, maka segala hal yang berkaitan dengan masalah kependudukan akan dimudahkan.


Untuk melakukan itu, tentunya kita membutuhkan jaringan internet untuk dapat mengakses dan mengirimkan data. Dan banyak dari kita menggunakan WiFi untuk dengan mudah menavigasi dunia maya.


Salah satu penyedia layanan internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah IndiHome. Selain memiliki jaringan yang cukup luas, harganya juga terjangkau. Sayangnya, ada beberapa kasus pencurian kuota internet IndiHome yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


Untuk mengatasinya, ada 2 langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi pencurian kuota oleh “pengguna ilegal”. Cara memutuskan jaringan WiFi indihome ini bisa dilakukan sebagai berikut:


1. Ganti password Wifi secara berkala.


Ini adalah cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk memutus jaringan wifi untuk pengguna gelap. Ubah kata sandi Wi-Fi, misalnya sebulan sekali atau sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, Wi-Fi Anda tidak lagi dapat diakses oleh orang lain.


2. Menggunakan MAC Address


Cara ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi Wifi Thieft Detector. Dengan aplikasi ini keamanan data Wifi anda bisa lebih terjamin dan anda akan terhindar dari pencurian kuota yang sangat merugikan.


Demikian informasi singkat tentang 5 cara mudah cek NIK online kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama