6 Kriteria Smartphone Murah yang cocok Untuk Belajar Online


6 KRITERIA SMARTPHONE MURAH YANG COCOK UNTUK BELAJAR ONLINE


FORDIASI.COM | SMARTPHONE - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini membuat kegiatan belajar mengajar berlangsung secara online atau online sejak beberapa waktu lalu. Situasi ini mau tidak mau menjadikan HP salah satu alat utama untuk melakukan kegiatan belajar online saat ini.


Banyak ponsel entry-level dengan harga rendah telah menyerbu pasar dan cocok untuk pembelajaran online. Salah satunya adalah harga Redmi 9C yang berada di kisaran Rp. 1,3 juta di marketplace. Hal ini sangat terjangkau.


HP murah belum tentu berkualitas lho. Nah, mari kita cari tahu bersama kriteria ponsel murah yang cocok untuk belajar online anak kamu. Perhatikan baik-baik, ya!


1. Layar Besar


Layar besar menjadi salah satu kriteria utama saat memilih ponsel untuk pembelajaran online. Beberapa panggilan video dan webinar melalui Internet akan sangat membebani mata jika layar ponsel anak kamu terlalu kecil.


Sebagai solusinya, pilihlah ponsel yang memiliki layar besar minimal 5,5 inci untuk kegiatan belajar. Selain membuat tulisan di layar lebih terlihat jelas, layarnya yang lebar membuat mata kamu tidak menyipit sehingga tidak membuat diri kamu lelah saat harus belajar.


Pengalaman rapat Zoom dan Google Meet tentu lebih berkesan dengan layar lebar HP. Anak kamua dapat dengan mudah berbagi tugas dengan guru dan kelompok belajar jika layar ponsel yang digunakan cukup lebar.

$ads={1}


2. RAM yang cukup


Ponsel yang digunakan anak kamu untuk belajar tidak boleh dipasangi banyak aplikasi berat atau di luar aplikasi pembelajaran. Jika banyak kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggunakan Google Classroom atau Google Meet, lebih baik menggunakan browser daripada harus mendownload aplikasi yang aktif di background.


Jadi berapa RAM yang cukup untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh menggunakan sistem video calling dan webinar ini? Jawabannya minimal RAM 2GB, diatas itu akan lebih baik. Misalnya, kamu bisa mencoba menggunakan Redmi 9C yang memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB.


3. Kamera berkualitas


Banyak orang tua memiliki kesalahpahaman bahwa webinar dan panggilan video online memerlukan kamera dengan piksel besar. Meskipun tidak seperti itu.


Untuk aktivitas video call Full HD, kamu hanya membutuhkan kamera dengan kualitas minimal 2 MP. kamu hanya perlu melengkapinya dengan pencahayaan yang baik saat melakukan kegiatan belajar online.


Oleh karena itu, mohon persiapkan kegiatan pembelajaran di ruangan yang terang agar tampilan gambarnya lebih baik. kamu juga dapat menggunakan pencahayaan tambahan seperti lampu studio atau lampu cincin untuk menambahkan lebih banyak pencahayaan.


Lain halnya jika tugas belajar anak kamu harus menggunakan kamera yang lebih berkualitas. Biasanya, jenis tugas ini melibatkan pengambilan foto dan perekaman video.


Untuk kasus seperti ini, ponsel yang memiliki kamera utama 5-8 MP sangat cocok untuk tugas mengambil gambar dan video. Jika kamu memiliki budget lebih dan bisa membeli ponsel dengan kamera utama lebih dari 8 MP, tentu akan mendukung aktivitas belajar anak kamu.


4. Baterai berkapasitas besar


Tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran online membutuhkan waktu yang lama hingga berjam-jam layaknya sekolah tatap muka. Oleh karena itu, ponsel yang digunakan untuk pembelajaran online harus kokoh dan memiliki kapasitas baterai yang besar.

$ads={2}


Sebagai orang tua, tentunya kamu tidak ingin aktivitas belajar anak kamu menjadi kurang maksimal karena ponsel tiba-tiba berbunyi di tengah pelajaran. Karena itu, pilihlah ponsel yang memiliki kapasitas baterai minimal 4.000 mAh.


Jika kapasitas baterai lebih tinggi tentu lebih baik, karena anak kamu tidak perlu terlalu sering mengisi baterai saat pelajaran. kamu juga dapat mempertimbangkan ponsel yang memiliki fitur quick charge atau pengisian cepat untuk mempersingkat waktu pengisian daya ponsel.


6. Harga handphone antara Rp 1 sampai 2 juta


Tidak bisa dipungkiri bahwa harga HP memegang peranan penting ketika seseorang membeli sebuah perangkat mobile. Harga handphone di kisaran Rp 1 hingga 2 juta kerap menjadi pilihan para orang tua yang anaknya ingin belajar online.


Apalagi jika ponsel yang dibidik orang tua ini bisa dibeli dengan fitur cicilan atau refund, yang memudahkan pembelian. Beberapa handphone di kisaran Rp 1-2 jutaan yang bisa kamu gunakan untuk belajar online diantaranya adalah Redmi 9C.


Itulah beberapa kriteria handphone murah untuk belajar online yang harus kamu perhatikan. Jika kamu tertarik untuk membeli ponsel, kamu bisa mencoba membelinya secara online di Blibli.


Semoga informasinya bermanfaat. Selamat belajar online dengan Smartphone baru!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama