Belajar HTML: Pengertian, Sejarah HTML dan Versinya


BELAJAR HTML: PENGERTIAN, SEJARAH HTML DAN VERSINYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Halo sobat fordiasi, di artikel kali ini, kita akan sedikit membahas tentang bahasa dokumen yang disebut HTML, untuk sobat fordiasi yang tidak tahu dan ingin tahu Apa itu HTML dan yang ingin mengenal HTML lebih dalam tentunya.


Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pembelajaran HTML secara dasar baik itu bagi kamu yang masih pemula maupun yang sudah kenal sedikit mengenai bahasa ini. Oke, kita langsung saja ke pembelajaran pertama kali, yakni mengenai Sejarah dari HTML itu sendiri.


Apa itu HTML?


Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur halaman website. 


HTML terdiri dari kombinasi teks dan simbol yang disimpan dalam sebuah file. Dalam membuat file HTML, terdapat standar atau format khusus yang harus diikuti. Format tersebut telah tertuang dalam standar kode internasional atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange). 


Sejarah HTML


Awal mula HTML ada, sebenarnya dimulai dari penyelidikan terhadap seorang pekerja yang bekerja di lembaga penelitian di Swiss. Agen disebut CERN, yang merupakan organisasi Eropa melakukan penelitian (riset) energi nuklir. pekerja yang bekerja di agen CERN bernama Tim Berners-Lee, yang ahli fisika sobat fordiasi dan ternyata ini adalah ayah Berners-Lee saat itu dia juga seorang kontraktor ternyata di lembaga CERN, staycoder, wah keren banget Tuan Tim Berners-Lee benar-benar keren.


Maka pada 1980-an, ini adalah awal dari Perjalanan bahasa dokumen html ini akan dimulai sobat fordiasi, pada waktu itu Mr. Tim Berners-Lee mengusulkan dan mengembangkan sistem prototipe disebut ENQUIRE. Lalu apa itu sistem prototipe ENQUIRE?


Baca Juga: Apa itu Programming? Skill dan Manfaat Belajar pemrograman


Menurut buku dan artikel yang kami baca, sistem kueri prototipe ini adalah sistem dirancang untuk mengkonseptualisasikan suatu sistem hypertext (hiperteks) untuk membuat fasilitas bagikan dan perbarui informasi ke para peneliti yang berada di CERN pada saat itu adalah pembuat kode. Lalu bagaimana dengan hypertext? Nah setelah admin baca sedikit tentang hypertext di kbbi (kamus besar bahasa Indonesia). Berikut adalah definisi dari hypertext:


Menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia Hiperteks adalah sebuah sistem yang dapat simpan gambar, teks, dan file yang ada terkomputerisasi untuk memberikan hubungan langsung yang baik dengan teks, suara atau data tertentu. Maka dapat disimpulkan bahwa hypertext adalah sebuah sistem yang ada di komputer, baik itu file gambar, teks atau orang lain, sistem komputer mungkin terhubung langsung ke file atau data yang berarti Anda dapat langsung menuju ke dokumen lain (baik itu gambar, teks, dll).

$ads={1}


Maka dari sini kita memahami bahwa sistem ENQUIRE ini adalah akan menjadi cikal bakal html ini pembuat kode. Kemudian setelah sembilan tahun Pada saat itu, Mr. Tim Berners-Lee melamar atau berikan saran untuk membuat sistem bookmark yang dapat dijalankan di jaringan internet, yang pada akhirnya, ini Tuan Tim Berners-Lee bagikan spesifikasi HTML dan rancang jaringan serta perangkat lunak pada akhir 1990-an.


Tim Berners-Lee tidak sendirian pada tahun itu (1990), ada seorang rekan yang membantunya mendapatkan dana, orang itu adalah insinyur sistem data pada saat itu yang masih berada di lembaga CERN yakni Robert Cailliau, tapi sayang.. permintaan Pendanaan untuk proyeknya ditolak oleh CERN. institusi tempat mereka bekerja.


Pada tahun 1991, 1 tahun setelah 1990 Mr. Tim Berners-Lee memposting penjelasannya. tentang koder HTML ini. Penjelasan tepat waktu apa itu HTML adalah dokumen yang dapat sebut dengan "Tanda HTML", yang pertama kali tuliskan hasil kerja eksplanasi melalui media Internet pada waktu itu adalah kode keabadian. tanda-tanda HTML yang telah dibuat disaat itu terdapat 18 elemen yang merupakan versi sederhana dari html generasi pertama dikala itu


Sejarah versi HTML


1. HTML versi 1.0


HTML 1.0 adalah dokumen generasi pertama html. HTML 1.0 adalah yang dirilis secara resmi di 1991. Dalam versi pertama ini hanya sedikit orang Saya menggunakannya pada saat itu, karena kurangnya fitur dan sintaks atau tag yang belum selesai memadai (terbatas)


Contoh penulisan HTML 1.0 dimulai dengan <html>


<html>


2. HTML versi 2.0


HTML 2.0 adalah hasil pengembangan dari versi sebelumnya 1.0, versi ini telah ditambahkan label baru dan bekas sampai akhir tahun 1997.


Contoh penulisan HTML 2.0 dimulai dengan 


<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // IETF // DTD HTML 2.0 // EN"> sebelum tag <html>

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // IETF // DTD HTML 2.0 // EN">

<html>


3. HTML versi 3.0


HTML 3.0 merupakan kelanjutan dari versi 2.0 yang dulu


karena memaksakan sesuatu yang baru di browser untuk sementara Perkembangan browser pada saat itu tidak terlalu signifikan. Contoh penulisan HTML 3.0 dimulai dengan <! DOCTYPE HTML


PUBLIC "- // IETF // DTD HTML 3.0 // EN"> sebelum tag <html>

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // IETF // DTD HTML 3.0 // EN">

<html>


4. HTML versi 3.2


Setelah akhir html 3.0, html versi 3.2 akhirnya tersedia dirilis pada tahun 1997 pada 14 Januari. HTML versi 3.2 pada saat itu bahkan direkomendasikan oleh Organisasi W3C pada waktu itu karena dianggap kompatibel itu berhasil) di banyak browser berbeda saat itu. Suka HTML 3.2 digunakan sebagai standar HTML resmi untuk membuat Halaman web.


Contoh penulisan HTML 3.2 dimulai dengan <! DOCTYPE HTML


PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 3.2 Final // EN"> sebelum tag

<html>

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 3.2 Final // EN">

<html>


5. HTML versi 4.01


Sebelum HTML versi 4.01 keluar, sudah ada HTML versi 4.0 sebelumnya. HTML 4.0 dirilis pada tahun 1997 tepatnya pada bulan Desember. HTML 4.0 sedang mengalami perubahan bagus karena CSS sudah ada (Cascading Stylesheet) adalah kode berupa script yang berguna untuk mempercantik dan mendesain tampilan halaman web.


Namun, pada tahun 1998 HTML dikembangkan kembali dan HTML 4.01 lahir, yang merupakan peningkatan dari HTML 4.0 adalah versi sebelumnya.


Contoh penulisan HTML 4.01 dimulai dengan 


<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 4.01 // EN"

"http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd"> sebelum tag

<html>

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 4.01 // ES" "http:

<html>


6. XHTML 1.0


XHTML adalah singkatan dari The Extensible HyperText Markup Language adalah kombinasi dari HTML dan XML. XML adalah bahasa markup yang dapat diperluas Tidak seperti HTML, XML memiliki fungsi untuk mengirim, menyimpan, dan mengangkut data berarti tidak ada digunakan dalam hal tampilan situs web. Peluncuran XHTML pertama kali pada 26 Januari 2000 oleh W3C pengembang HTML.

$ads={2}


Menulis contoh xhtml 1.0 dimulai dengan 


<? Xml version = "1.0" encoding = "UTF-8"?> kemudian diikuti oleh

<! DOCTYPE html PUBLIC "- // W3C // DTD XHTML 1.0 Ketat // EN"

"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">

sebelum tag <html xmlns = "http://www.w3.org/1999/xhtml"

xml: lang = "en" lang = "en">

<? xml versi = "1.0" encoding = "UTF-8"?>

<! DOCTYPE html publik "- // W3C / DTD XHTML 1.0 Ketat // EN" "http://www.w3.org/TR/xhtmll/DTD/xh

<html xmlns = "http://www.w3.org/1999/xhtml" xml: lang = "en"


7. HTML5


HTML 5 tumbuh dari kolaborasi antara W3C dan grup bernama WHATWG adalah Web Kelompok Kerja Teknologi Aplikasi Hypertext. Sementara itu, pada saat itu, XHTML 2.0 sedang berlangsung dikembangkan yang kemudian harus dihentikan karena dirasa kurang menarik dan tidak realistis dalam perubahan. Untuk secara resmi menghadirkan HTML 5 untuk umum pada 28 Oktober 2014.


Contoh penulisan html 5 dimulai dengan 


<! DOCTYPE html> sebelum tag tag <html> <! DOCTYPE html>

<html>


Menurut admin sendiri, html 5 lebih mudah untuk menulis tag pembuka dibandingkan dengan versi sebelumnya, serta ada banyak tag baru tambahan diantaranya:


- Punya Element baru: audio, aside, article, canvas, command, datalist, details, embed, figcaption, figure, footer, header, hgroup, keygen, mark, meter, nav, output, progress, rp, rt, ruby, section, source, summary, time, video, wbr


Baca Juga: Sejarah Perkembangan CSS, Pengertian dan Fungsinya


- Punya Atribut baru pada tag form: dates and times, email, url, search, color


- Ada Element yang di hilangkan Deprecated: acronym, applet, basefont, big, center, dir, font, frame, frameset, isindex, noframes, s, strike, tt, u


Ok Sobat Fordiasi, ternyata pembahasan mengenai HTML ini cukup panjang yah, hehe. Semoga informasi ini bermanfaat yah!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama