Dry Box: Alat yang wajib dimiliki Kamera DSLR


DRY BOX: ALAT YANG WAJIB DIMILIKI KAMERA DSLR


FORDIASI.COM | TEKNOLOGI - Saat ini orang-orang yang memiliki kamera mirrorless dan kamera DSLR bukanlah orang-orang yang memang bekerja di bidang fotografi professional, namun banyak orang awam yang membeli kamera jenis ini hanya untuk digunakan saat berlibur atau untuk memenuhi kebutuhan dokumentasinya.


Tapi, tahukah Anda bahwa ketika Anda memiliki kamera jenis ini, ada alat pendukung yang juga harus Anda miliki agar fungsi kamera tetap terjaga? Sebenarnya kamera jenis ini tidak cocok jika disimpan di tempat seperti lemari atau tas kamera setiap saat karena takut menimbulkan jamur pada lensa kamera.


Tentu saja, jika lensa kamera Anda terkena jamur, satu-satunya cara untuk mengembalikan fungsi kamera Anda adalah dengan membawanya ke profesional untuk dibongkar dan dibersihkan. Tentu saja harga yang ditawarkan untuk membersihkan jamur kuping satu ini tidaklah murah karena harus dilakukan dengan hati-hati.

$ads={1}


Jadi jika Anda membeli kamera mirrorless atau DSLR, sebaiknya siapkan juga tempat penyimpanan atau yang biasa disebut dengan Dry Box. Dry box ini merupakan box yang kedap udara sehingga dapat menjaga tingkat kelembapan di dalam box yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur di dalam chamber.


Sebenarnya ada dua jenis tempat penyimpanan yang bisa Anda pilih yaitu Dry Box dan Dry Cabinet. Perbedaannya hanya pada ukurannya, jika Dry Box memiliki ukuran yang lebih kecil dan memungkinkan untuk diangkut. Berbeda dengan Dry Cabinet yang ukurannya cukup besar dan umumnya digunakan untuk menyimpan kamera di rumah karena terhubung dengan listrik.


Dengan menggunakan dry box sebagai tempat penyimpanan kamera ini akan membantu untuk memantau dan melihat tingkat kelembapan yang baik untuk penyimpanan kamera. Karena umumnya, jika kamera disimpan di tempat yang memiliki suhu ruangan, kemungkinan jamur tumbuh pada lensa kamera akan lebih tinggi.


Tingkat kelembaban yang disarankan untuk penyimpanan kamera harus antara 40 dan 50%. Dengan tingkat kelembapan seperti itu, risiko tumbuhnya jamur pada lensa kamera akan lebih kecil.


Alat Yang Wajib Dimiliki Jika Memiliki Kamera DSLR

Penggunaan dry box juga digunakan agar saat kamera disimpan, kamera atau lensa tidak bertabrakan dengan benda lain yang dapat menyebabkan lecet pada kamera saat bepergian. Sedangkan untuk penyimpanan di rumah akan lebih aman lagi jika disimpan di lemari kering karena alat ini terhubung dengan listrik yang secara otomatis akan mengecek tingkat kelembapan di dalam kotak.


Jadi jika dalam dry box untuk mengontrol dan mengurangi kelembapan kita bisa menggunakan silika gel yang kita masukkan sendiri, maka lain halnya dengan dry cabinet yang sudah memiliki sistem otomatis untuk menghilangkan kelembapan jika tingkat kelembapannya di bawah atau di atas batas normal.

$ads={2}


Bagi anda yang sering membawa kamera dan beraktivitas di luar ruangan sebaiknya hanya menggunakan dry box karena lebih mudah dibawa, sedangkan bagi anda yang memiliki studio foto sendiri di rumah atau sering menggunakan kamera di dalam ruangan, sebaiknya adalah ide yang baik untuk menggunakan lemari kering.


Anda juga dapat dengan mudah menemukan kotak kering atau lemari kering di toko aksesori kamera atau toko perangkat keras. Anda bisa membeli case kamera yang sesuai dengan kebutuhan agar nantinya tempat tersebut bisa digunakan secara maksimal.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama