Kayu Manis: Pohon Rempah Nusantara


KAYU MANIS: POHON REMPAH NUSANTARA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Nusantara merupakan Negeri penghasil rempah terbaik di dunia. Sejarah masa lalu hingga kini membuktikan limpahan kekayaan rempah Nusantara mewarnai rasa dari aneka masakan khas daerah di Nusantara. Tak heran jika Negeri ini jadi pemasok utama perdagangan rempah sejak masa lalu untuk negara lain.


Salah satu rempah khas Indonesia ialah Kayumanis, terutama jenis umum yang bernama latin Cinnamomum burmanni. Tumbuhan ini memiliki kandungan gizi dan manfaat jika dikonsumsi terutama memberikan rasa yang khas pedas dan beraroma kuat. Umumnya kayumanis digunakan sebagai bumbu, obat, minyak, aromaterapi, minuman dan lainnya.

$ads={1}


Kayumanis asli Indonesia disinyalir bisa meningkatkan imun tubuh, mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi kerja otak, menurunkan berat badan dan lainnya. kayumanis juga mengandung antioksidan, antibakteri, antijamur yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Kayumanis sangat cocok dijadikan ramuan rutin dalam mencegah berbagai penyakit.


Pohon Kayumanis umumnya setinggi 5 hingga 15 meter dan tersebar di seluruh daerah Indonesia. Selain memiliki nilai manfaat, pohon ini juga sangat baik untuk habitat burung dan serangga. Kekayaan rempah pada setiap masakan berbagai daerah Indonesia ini harus dijaga dan dilestarikan, terutama makanan daerah resep turun temurun agar bisa bersaing.


Source; RIMBAWAN KOTA


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama