Kecombrang: Tumbuhan Ajaib Hutan Nusantara


KECOMBRANG: TUMBUHAN AJAIB HUTAN NUSANTARA


FORDIASI.COM | FLORA & FAUNA - Hutan Tropis Indonesia merupakan primadona bagi dunia sejak dahulu, hari ini hingga nanti. Masa Depan ketika energi fosil habis, akan terfokus pada wilayah Tropis. Tak heran perpolitikan disekitar wilayah tropis berpotensi terjadi Konflik, karena kekayaan Sumber Daya Alam yg sangat luar biasa. Namun berkah ini juga memicu ancaman jika tidak diantisipasi dengan baik.


Salah satu pesona Hasil Hutan Indonesia ialah Bunga kecombrang atau bernama lokal honje, kincung, dan bungong kala. Kecombrang ini memiliki nama latin Etlingera elatior dan merupakan Ikon Puspa Nasional tahun 2020. Tumbuhan ini sering dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat baik sebagai bumbu rempah, lalap, masker kecantikan, sayuran dan lainnya. Salah satu makanan olahan yg sangat populer adalah Sambal Kecombrang yg digemari masyarakat sebagai kuliner lestari daerah.

$ads={1}


Di beberapa daerah dimanfaatkan sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Batang Kecombrang di Masa Lalu kerap dimanfaatkan sebagai sabun karna bisa mengeluarkan busa & wewangian serta mencegah penyakit kulit dan bau. Sabun tradisional ini disediakan oleh Hutan dan tidak merusak lingkungan. Bunga cantik ini juga cocok untuk menghiasi area disekitar rumah karna wanginya tidak disukai oleh nyamuk nakal.


Selain itu Kecombrang dipercaya memiliki kandungan kalium, zat besi, kalsium, serat, fosfor dan zat lainnya. Tumbuhan Hutan multi fungsi ini berlimpah di Indonesia dan bisa diperoleh secara gratis. Namun disisi lain, masyarakat juga harus menyadari bahwa kekayaan melimpah ini juga diinginkan oleh Bangsa lain disekitar kita. Mewaspadai adu domba adalah jalan terbaik.


Source; RIMBAWAN KOTA


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama