Kenapa Nama Nguyen Populer di Vietnam?


KENAPA NAMA NGUYEN POPULER DI VIETNAM?


FORDIASI.COM | INFORMASI - Vietnam, negara dengan ibukota Hanoi. Negara yang indah dan penuh fakta unik didalamnya. Mendengar kata Vietnam, mungkin tiba-tiba terbersit dalam benak sebuah kata "Nguyen". 


Kenapa masyarakat Vietnam sebagian besar memberi nama Nguyen pada anak mereka?


Tidak dipungkiri bahwa Nguyen sangat erat kaitannya dengan Vietnam. Nama Nguyen menghiasi seluruh pelosok Vietnam. Popularitas nama Nguyen sangat tinggi di Vietnam dan banyak dipakai oleh orang-orang dari kalangan politik, olahraga, dunia hiburan bahkan militer.

$ads={1}


Sejarah Nguyen dimulai pada tahun 1200-an. Saat itu, terjadi perebutan kekuasaan antara kerajaan Trandht dan kerajaan Ly. Singkat cerita, peperangan tersebut dimenangkan oleh kerajaan Trandht. 


Setalah berhasil mengalahkan kerajaan Ly, Tran Thu Do, sang jenderal kerajaan Trandht mulai memerintahkan untuk mengeksekusi siapa saja yang masih memiliki nama berunsur kerajaan Lyn. 


Ketakutan pun timbul. Mendengar kabar itu, masyarakat kemudian mengganti nama mereka menjadi Nguyen agar terhindar dari eksekusi mati yang digalakkan oleh Jendral Tran Thu Dho, meskipun ada sebagian besar yang lari ke dataran Cina.


Hal yang sama terjadi pada 1592, setelah runtuhnya Dinasti Moc, dan pada 1802, ketika Dinasti Nguyen (keturunan bangsawan Nguyen) mengambil alih kekuasaan.


Saat warga lainnya melarikan diri ke China, sebagian besar orang Vietnam yang takut dieksekusi oleh rezim yang baru, memilih mengubah nama keluarga mereka menjadi Nguyen.


Selama masa pemerintahannya, Dinasti Nguyen memberi banyak orang nama keluarga Nguyen.

$ads={2}


Banyak penjahat juga mengubah nama keluarga mereka menjadi Nguyen untuk menghindari penganiayaan.


Hingga saat ini, 40% masyarakat di Vietnam menggunakan nama Nguyen di keluarga mereka. Berdasarkan polling yang dibuat Vietnammagazine.com, nama Nguyen menjadi nama paling populer yang berada di peringkat 13 dunia, setalah Smith dan Jones di Amerika.


Mungkin menemukan nama Nguyen di Vietnam bukanlah suatu hal yang sulit.


Source: Ruang Pengetahuan


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close