Puspa Pesona Nasional: Phalaenopsis Amabilis


PUSPA PESONA NASIONAL: PHALAENOPSIS AMABILIS


FORDIASI.COM | INFORMASI - Indonesia merupakan Habitat Surga bagi berbagai jenis keanekaragaman hayati baik itu dari jenis tumbuhan maupun satwaliar. Salah satu kekayaan alam Indonesia ialah jenis anggrek yg begitu melimpah dalam hutan Indonesia. Berbagai jenis anggrek dari Alam Indonesia merupakan kekayaan alam yang mesti dilestarikan semisal bunga Anggrek Bulan.


Anggrek Bulan atau memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis merupakan ikon puspa Nasional Indonesia dan salah satu dari tiga Bunga Puspa Nasional Indonesia bersama Bunga Melati sebagai Puspa Bangsa serta Bunga Raflesia arnoldi sebagai Puspa Langka. Anggrek bulan ini termasuk ke dalam famili Orchidaceae dan genus phalaenopsis.


Bunga ini adalah bunga asli yg tumbuh pada kawasan Asia khususnya Indonesia. Bunga ini mekar dalam waktu yg cukup lama dan merupakan simbol cinta suci dan perdamaian karna biasanya memiliki warna putih meskipun ada banyak jenis warna lainnya. Warna dan kecantikan ini pula yg membuat bunga ini dinobatkan sebagai ikon Puspa Pesona Nasional.

$ads={1}


Salah satu tokoh nasional yang sangat berjasa dalam penunjukan bunga ini menjadi Puspa Pesona adalah Ibu Tien Soeharto atau Ibu Negara kala itu. Bersama dengan Haji Boediharjo usulan mereka tentang bunga Anggrek bulan ini menjadi Bunga Nasional pun diterima hingga akhirnya ditetapkan dalam ketetapan hukum oleh Pemerintah melalui Keputusan Presiden RI no 4 tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.


Selain di Indonesia, bunga anggrek ini sendiri juga tumbuh dibeberapa wilayah di Malaysia, Filipina, India hingga Australia. Secara liar bunga ini bisa tumbuh hingga ketinggian 600 mdpl, namun di alam liar bunga ini pun semakin terdesak dengan eksploitasi hutan dan menurunnya luasan hutan serta kini lebih banyak ditemukan dibudidayakan oleh pecinta, pembudidaya dan kolektor bunga anggrek.


Source: RIMBAWAN KOTA


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close