Tips Meningkatkan Kompetensi Ketika Masuk Dunia Kerja


TIPS MENINGKATKAN KOMPETENSI KETIKA MASUK DUNIA KERJA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Ketatnya persaingan memasuki dunia kerja menuntut seseorang untuk lebih meningkatkan keterampilannya. Pengalaman dan keterampilan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya seseorang saat melamar pekerjaan. Untuk berada di ujung tombak pencarian pekerjaan Anda, sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Anda.


Menurut data World Economic Forum, ketika memasuki dunia kerja, khususnya untuk kebutuhan tenaga kerja masa depan, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki calon tenaga kerja, antara lain:


1. Kemampuan menganalisis dan inovatif dalam pengembangan kreativitas.

2. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri.

3. Kemampuan untuk memecahkan masalah.

4. Kemampuan untuk selalu berpikir kritis terhadap situasi di lingkungan kerja.

5. Kemampuan untuk mengubah ide-ide kreatif menjadi karya nyata.

6. Mampu menjadi panutan dan siap menjadi pemimpin yang disegani.

7. Kemampuan mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang penuh dengan perubahan.

8. Mampu mengadopsi bidang komputerisasi dan pemrograman.

9. Kemampuan untuk mengendalikan diri secara emosional dan menangani stres dan tekanan kerja.

10. Kemampuan mengatasi berbagai rintangan dengan kepala dingin.


Peningkatan kapasitas atau pengalaman sangat mendesak, karena yang dibutuhkan perusahaan saat ini adalah yang benar-benar memiliki pengalaman dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan dan kemampuan sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh perusahaan merupakan syarat mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar lagi.


Kita semua tahu bahwa mencari pekerjaan bukanlah tugas yang mudah. Apalagi di masa pandemi seperti ini, dimana banyak perusahaan terpaksa mengurangi jumlah karyawan, langkah paling tepat bagi pelamar kerja adalah membekali diri dengan keterampilan yang mumpuni agar bisa bersaing dengan pelamar kerja lainnya.


Bagaimana cara meningkatkan keterampilan untuk memasuki dunia kerja?


Beberapa langkah strategis dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan. Ada beberapa metode dan teknik untuk meningkatkan personal branding. Salah satunya dengan mengikuti kursus atau pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan pengalaman di bidang tertentu. Jenis pelatihan ini seringkali mengutamakan metode pembelajaran yang efektif karena berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

$ads={1}


Saat ini, ada banyak jenis kursus, baik offline maupun online. Anda bisa memilih kursus online gratis yang menerapkan metode pembelajaran yang efektif sehingga mudah dipahami dan sesuai dengan minat dan passion Anda.


Mempersiapkan dunia kerja yang kompetitif merupakan tantangan berat bagi para pencari kerja. Namun bukan berarti tidak ada peluang. Peluang selalu ada tergantung bagaimana kita menyikapinya.


Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap kemampuan yang ada dalam dirinya niscaya akan lebih siap menghadapi tantangan apapun, dibandingkan dengan mereka yang kurang percaya diri. Oleh karena itu, menumbuhkan rasa percaya diri sejak dini merupakan sikap yang perlu diperhatikan.


Bagi orang yang ingin meningkatkan keterampilan dalam suatu bidang, sangat penting untuk mengetahui tentang meningkatkan dan memperbarui keterampilan. Artinya, bagaimana meningkatkan keterampilan dan mempelajari keterampilan baru selain pekerjaan awal. Hal ini akan membantu seseorang untuk bekerja pada posisi yang telah ditetapkan oleh perusahaan.


Jangan malu untuk memulai karir dengan terlebih dahulu memperkuat personal brand Anda dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Justru langkah ini jauh lebih baik daripada memaksakan diri untuk melamar pekerjaan di sana-sini namun tanpa melakukan persiapan yang matang.


Rekomendasi tempat kursus untuk meningkatkan keahlian


Di era digital dimana segala sesuatu bisa dilakukan secara online, tentunya tidak sulit untuk mencari tempat kursus. Cukup dengan cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan handphone yang terkoneksi dengan internet, Anda sudah dapat menerapkan metode pembelajaran yang efektif melalui kursus online. Dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online, Anda dapat melakukan segala jenis pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Anda.


Jika memungkinkan, Anda juga dapat memilih kursus offline yang umumnya berbayar. Namun jika tidak, cukup banyak tempat kursus online gratis dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online yang kualitasnya tidak kalah dengan lembaga kursus offline. Yang terpenting adalah bagaimana Anda memilih dan menentukan tempat belajar online yang berkualitas dan terpercaya.


Salah satu kelebihan kursus online gratis adalah kita tidak perlu membayar biaya untuk mengaksesnya. Kita hanya membutuhkan smartphone atau perangkat lain dengan data aktif sebagai syarat untuk dapat mengakses aplikasi pembelajaran online yang terkoneksi dengan internet.


Materi pembelajaran dalam aplikasi pembelajaran online umumnya mudah dipahami. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan pembelajaran tidak berbelit-belit. Untuk materi pembelajaran, jangan khawatir, karena walaupun materinya gratis, namun dari segi kualitas, materi pembelajaran yang tersedia di kursus gratis tidak kalah kualitasnya dengan materi di kursus berbayar yang relatif mahal. .

$ads={2}


Banyak kursus menerapkan metode pembelajaran yang efektif untuk memaksimalkan peningkatan dan pembaruan keterampilan. Metode pembelajaran jenis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan sekaligus memperkuat keterampilan yang sudah dimiliki seseorang.


Platform Belajar Online Gratis


Banyak platform untuk belajar online secara gratis seperti :


1. Kipin School 4.0

2. Meja Kita

3. Media Belajar Online

4. Icando

5. Cerebrum

6. IndonesiaX

7. Google for Education


Pada umumnya metode yang diajarkan sama. tergantung dari anda untuk lebih tertarik ke mana?


Semoga informasi ini bermanfaat!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama