5 Tips agar Mobil Matic Aman Berkendara disaat Banjir


5 TIPS AGAR MOBIL MATIC AMAN BERKENDARA DISAAT BANJIR


FORDIASI.COM | OTOMOTIF - Akhir- akhir ini intensitas hujan di Indonesia sedang sangat tinggi, sampai menyebabkan banjir di beberapa wilayah Indonesia.


Tentu, hal ini membuat semua orang wajib berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya mulai dini, termasuk yang sedang berkendara di jalan raya, apalagi dalam keadaan mau tidak mau harus menerjang jalan raya yang tergenang oleh banjir.


Pada situasi saat ini, wajib senantiasa mencermati beberapa hal, yaitu ketika ingin berkendara ataupun berkendara disaat banjir.

$ads={1}


Berikut kami bagikan 5 Tips agar Mobil Matic Aman Berkendara disaat Banjir versi Daihatsu:


1. Pastikan Saluran Masuk Udara tidak Terendam Air


Bila saluran masuk udara ( air inlet) ini sampai terendam, hal ini bisa membuat terbentuknya water hammer, situasi dimana air bisa masuk pada ruang pembakaran. Ini dapat menimbulkan mesin mobil menjadi tidak berfungsi (rusak).


Pastikan ketinggian air tidak lebih dari separuh roda. Janganlah memaksakan diri melampaui jalur yang memiliki kubangan air yang cukup besar.


2. Gunakan Gir Paling Rendah  ( 1 / L)


Hal Ini bermaksud supaya laju mobil dalam keadaan normal serta putaran mesin juga akan lebih bertahan lebih lama.


Tidak hanya itu, gas buang yang ada dapat dikeluarkan dari bagian knalpot mobil, alhasil air dapat terhambat serta tidak masuk ke bagian ruang mesin lewat lajur pembuangan.


3. Melaju Dengan cara Perlahan serta Konstan


Metode ini bakal membantu kamu dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan., seperti adanya lubang besar di jalan yang kamu lalui, tentu hal ini dapat membahayakan dirimu dan kendaraan yang kamu bawa.


4. Matikan Mesin di Disaat Mogok


Jika dirasa genangan air sampai melampaui separuh roda mobil serta membuat mesin mati ataupun mogok, jangan terburu-buru untuk menyalahkan mobil kembali, sebab bisa membuat kerusakan serius pada bagian mesin mobil. Hal yang perlu kamu lakukanlah adalah telepon bengkel resmi terdekat untuk diminta bantuan.

$ads={2}


5. Keringkan Rem


Salah satu cara yang paling ampuh dan sering dipraktekkan dalam mengeringkan rem adalah dengan berkendara dengan kecepatan kurang lebih 5 kilometer/ jam. Sehabis itu remlah mobil berkali kali dengan cara perlahan.


Tujuannya buat memastikan kalau mobil memanglah sedang dalam situasi yang prima serta kampas rem kering.


Bila dirasa terdapat yang tidak beres dengan kendaraan, maka bisa melakukan pemeriksaan mobil di bengkel sah buat memperoleh perbaikan.


Tetap jaga kesehatan dan keep safety sobat fordiasi!


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama