Cara Membuat Google Form di Hp Android beserta Contohnya


CARA MEMBUAT GOOGLE FORM DI HP ANDROID BESERTA CONTOHNYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Siapa yang tidak kenal dengan Google Forms? yang merupakan layanan yang dapat digunakan untuk membuat kuesioner penelitian dan juga dapat digunakan untuk membuat formulir seleksi pelamar kerja dari suatu perusahaan.


Formulir Google masih merupakan layanan terbaik karena mudah digunakan dan juga gratis. Hal ini juga yang menjadikan Google Form sebagai pilihan saat Anda membutuhkan layanan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuesioner.


Meskipun membuat formulir di Google Forms cukup mudah, mungkin masih ada orang yang belum tahu cara membuatnya. Pada postingan kali ini, kami akan membagikan cara membuat Google form menggunakan Android.

$ads={1}


Cara membuat formulir Google di ponsel Android


Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Google Forms di Android, namun pada tutorial kali ini kita menggunakan aplikasi G-Form. Untuk membuat Google form di Android, berikut langkah-langkahnya:


Langkah 1: Instal aplikasi G-form


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginstal aplikasi G-Form, aplikasi tersebut bisa kita dapatkan di Google Play Store.


Langkah 2: Menyiapkan Formulir


Setelah aplikasi berhasil diinstal, kita langsung membukanya. Kemudian tap ikon + di pojok kanan bawah. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan template yang bisa kita gunakan, namun dalam tutorial ini kita akan menggunakan yang kosong, tap saja template yang kosong tersebut.


Langkah 3: Membuat Judul dan Deskripsi Formulir


Setelah mengetuk template kosong, akan muncul formulir tata letak, lalu isi kolom yang ada. Pada tampilan ini terdapat kolom form title untuk judul form kita dan kolom form description untuk mendeskripsikan form yang kita buat.


Setelah membuat judul dan deskripsi formulir, langkah selanjutnya adalah membuat daftar data dalam formulir.

$ads={2}


Langkah 4: Membuat List Data


Pada tutorial ini kita asumsikan kita melakukan kuisioner, data yang dikumpulkan adalah nama siswa, Nomor Induk Mahasiswa (NPM), pilihan peminatan, dan alasan pemilihan peminatan.


Data pertama yang kita buat adalah nama siswa. klik ADD ITEM untuk membuat data, lalu pilih Short Answer.


Kemudian tulis 1. Nama siswa dan di bagian deskripsi kita bisa tulis Isi dengan nama lengkap.


Kemudian ketuk ADD ITEM dan pilih Jawaban singkat. Kemudian tulis 2. NPM dan di bagian deskripsi kita bisa tulis Lengkapi nomor NPM.


Selanjutnya, buat formulir Opsi Spesialisasi. Sentuh ADD ITEM lagi, lalu pilih Check Boxes.


Kemudian masukkan judul 3. Pilihan Peminatan dan ketik Centang Peminatan yang Dipilih pada kolom deskripsi.


Lalu ketuk ADD CHOICE untuk menambahkan daftar opsi spesialisasi yang tersedia (misalnya: Pemasaran, Keuangan, dan SDM). Kemudian matikan opsi others dengan menekan tombol biru.


Kemudian kami melakukan data nomor 4, yang menjadi alasan untuk memilih spesialisasi. Tekan ADD ITEM lagi, lalu pilih Paragraph.


Setelah semua data formulir dibuat, kami menyesuaikan pengaturan dengan mengetuk ikon roda gigi di sudut kanan atas. Kita dapat menandai semua opsi dan kemudian SAVE.


Silakan periksa kembali formulir yang telah kami buat, apakah sudah sesuai atau masih ada hal yang perlu diperbaiki. Jika sesuai, tekan saja ikon (tanda centang).


Selanjutnya tap icon Share, maka akan muncul link Google form yang kita buat. Kemudian Copy tautannya dan bagikan tautannya.


Akhir terakhir


Itulah cara mudah membuat Google Forms menggunakan ponsel. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close