Cara Mengembalikan Sinyal yang Hilang di Smartphone dan Penyebabnya


CARA MENGEMBALIKAN SINYAL YANG HILANG DI SMARTPHONE DAN PENYEBABNYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Di era digital ini, kita memiliki berbagai macam fasilitas untuk berkomunikasi. Kita bisa menggunakan aplikasi chatting atau jejaring sosial untuk berkomunikasi. Namun ada juga sebagian orang yang lebih nyaman menggunakan telepon atau SMS.


Nelpon atau sms biasanya lebih mahal, karena harus pakai pulsa. Namun cara ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu kita dapat terhubung kapan saja tanpa harus menunggu orang yang dituju untuk terhubung.


Berbagai keuntungan bisa kita peroleh dari berbagai bentuk komunikasi. Namun apa jadinya jika ponsel yang kita gunakan tiba-tiba kehilangan sinyal? Tentu saja, semua koneksi telepon dan internet akan terputus.


Kehilangan sinyal ini bisa dialami oleh semua pengguna smartphone, baik itu Android maupun iOS. Mengatasinya juga cukup mudah, namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab hilangnya sinyal seperti gambar di bawah ini.


Penyebab hilangnya sinyal pada smartphone


  • IC PA Android rusak


Ini adalah masalah yang sering terjadi pada pengguna Android. Pemicunya terjadi karena berbagai hal seperti sering mengganti SIM card, melakukan panggilan telepon dalam waktu lama sehingga suhu ponsel tinggi. Selain itu, ponsel sering terjatuh, dan juga dapat merusak IC PA-nya, sehingga tidak dapat menangkap sinyal.


  • Berada di area yang tidak terjangkau sinyal


Mungkin semua orang tahu bahwa tidak semua provider memiliki sinyal yang kuat. Itu karena jumlah menara sinyal terbatas pada area tertentu. Oleh karena itu, ketika kita terlalu jauh dari menara sinyal atau area jangkauan base transceiver station, ponsel kita tidak dapat menerima sinyal.

$ads={1}


Itu tadi beberapa pemicu yang bisa menyebabkan sinyal hp anda hilang, jika anda mengalami sinyal hp anda hilang, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut.


Cara mengembalikan sinyal yang hilang di Android


Saat sinyal ponsel Anda tiba-tiba hilang, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:


1. Nyalakan Ulang Hp (Restart Smartphone anda)


Cara pertama yang bisa anda coba adalah dengan me-restart smartphone anda. Cara ini sangat sederhana, namun terbukti sudah banyak yang berhasil mengembalikan sinyal dengan cara ini. Reboot artinya kita mem-boot ulang sistem smartphone kita, jadi jika kehilangan sinyal disebabkan oleh sistem yang bermasalah, masalah ini akan teratasi.


2. Nyalakan Mode Pesawat (Airplane)


Trik selanjutnya anda bisa mengaktifkan mode pesawat / mode pesawat lalu matikan kembali, smartphone anda akan otomatis mencari sinyal.

$ads={2}


3. Periksa pengaturan APN


Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa APN sangat mempengaruhi sinyal di ponsel. Bahkan, pengaturan APN akan berubah ketika kita mengganti kartu SIM dengan penyedia lain. Namun ada beberapa kasus dimana setting APN tidak berubah saat kita mengganti SIM card. Untuk itu, Anda bisa masuk ke menu Setting, lalu pilih SIM card, lalu pilih Cellular network, lalu pilih APN. Silahkan sesuaikan pengaturan APN dengan provider yang Anda gunakan.


4. Periksa Posisi kartu SIM Anda


Beberapa orang yang baru saja mengganti kartu SIM sering mengalami posisi penempatan kartu SIM yang salah. untuk itu anda juga perlu mengecek kembali apakah posisi SIM card yang anda pasang sudah benar atau belum.


5. Kembalikan pengaturan pabrik


Trik/cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mereset ponsel anda ke pengaturan pabrik. Ini akan membuat semua pengaturan ponsel Anda menjadi default pabrik. Caranya, anda tinggal masuk ke pengaturan ponsel lalu cari menu factory reset.


Bagaimana Cara mencari Sinyal?


Mencari sinyal sangatlah mudah dan pada penjelasan di atas telah dijelaskan bahwa ketika menggunakan fungsi mode pesawat, dan caranya hanya dengan mematikan dan menghidupkan fungsi tersebut, sistem akan secara otomatis mencari sinyal.


Akhir kata


Hilangnya sinyal pada ponsel Android pada dasarnya disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi smartphone yang kita gunakan, sedangkan faktor eksternal adalah masalah pada provider yang kita gunakan.


Untuk mengatasi masalah kehilangan sinyal di ponsel Anda, Anda dapat mengikuti trik yang kami bagikan di atas. Namun, jika masalah tidak teratasi, Anda bisa membawanya ke service center terdekat. Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan, terima kasih.


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama