Fenomena Ular di Permukiman Di Musim Hujan


FENOMENA ULAR DI PERMUKIMAN DI MUSIM HUJAN


FORDIASI.COM | INFORMASI - Beberapa waktu lalu, muncul berbagai berita mengenai keberadaan Ular Kobra yg semakin sering muncul di permukiman masyarakat. Fenomena yg membahayakan masyarakat mengingat bisa ular dapat mematikan. Belum lagi memasuki bulan Desember hingga Februari merupakan musim saat telur ular menetas. Oleh sebab itu kemunculan ular ular Kobra di sekitar permukiman pun dianggap sebagai fenomena alamiah yg patut di waspadai.


Ular Kobra biasanya mencari tempat tempat dimana mangsanya berada seperti tempat yg lembab, tertutup dan kotor yg merupakan tempat berburu mangsa tikus. Menutup dan membersihkan lubang tikus disekitar area permukiman merupakan salah satu upaya untuk mencegah keberadaan ular disekitar permukiman.

$ads={1}


Salah satu penyebab dari banyaknya fenomena konflik manusia dengan satwaliar adalah Alih fungsi lahan dan habitat yg rusak menjadi permukiman. Hal ini pun memaksa Ular Kobra bergerak mencari makanan yg tidak ditemui di habitatnya lalu mendekati mangsanya bahkan hingga mendekati area manusia berada. Belum lagi faktor keberadaan predator alami pemangsa anak ular pun berkurang drastis di alam sehingga tidak ada kontrol terhadap populasi ular.


Maka waspada terhadap Keberadaan Ular berbisa tersebut disekitar kita merupakan cara terbaik apalagi jika permukiman dekat dengan hutan, rawa, atau sawah. Dan apabila muncul pastikan menghindari dan menjauh dari jangkauan ular tersebut ketimbang mencoba coba menangkap jika tidak memiliki keahlian khusus.


Oleh: RIMBAWAN KOTA


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close