Juara AFF adalah Bonus untuk Timnas Indonesia


JUARA AFF ADALAH BONUS UNTUK TIMNAS INDONESIA


FORDIASI.COM | SEPAK BOLA - Juara adalah bonus, tapi tetap harus fokus, peluang itu ada karena Timnas di Piala AFF ini bermain penuh kejutan. Jika berhasil lewati Singapura, itu artinya lewat AFF ini kita bisa menilai bahwa kekuatan kita di Asia Tenggara sudah kembali pulih dan kita bersiap menatap zona Asia.


Ya, memang harus seperti itu , harus sadar diri, kesuksesan dilihat dari detail pelaksanaannya, bukan dari tingginya target/mindset, semua orang bisa targetkan diri jadi Juara Piala Dunia tapi mereka yang berhasil menitikberatkan pada detail. Sebagai tim kelas bawah di dunia, Indonesia tak bisa langsung tiru cara Jepang/Spanyol/Jerman, sistem yang diterapkan negara maju didukung oleh sumber daya yang baik, untuk itu kita harus step by step, kita bisa tiru Thailand dan Vietnam, apakah itu pola pikir yang buruk? oh tentu tidak, jangan anggap rendah Thailand dan Vietnam, mereka bukan kelas dunia, tapi mereka pasti berpikir untuk jadi kelas dunia dan di Asia Tenggara mereka sejauh ini berhasil untuk dekati level Asia.

$ads={1}


Untuk diketahui, Thailand yang mulai bisa berbicara di Asia , punya klub yang juga bisa tampil tidak memalukan setidaknya di ACL ini tidak pernah remehkan AFF, anggap AFF sebagai ajang sparing misal/tidak penting, mereka beri 100% untuk AFF, bahkan AFF adalah titik awal keberhasilan mereka, kuasai Asean agar bisa bersaing di Asia, memang harus seperti itu, coba bayangkan jika Thailand mainkan U22/U21 di AFF karena tidak penting, dimana lagi mereka bisa bentuk pondasi tim? Friendly Match FIFA Matchday? Mau lawannha Jepang sekalipun atmosfer friendly match tidak akan sama dengan turnamen walau hanya AFF, pembentukan mental harus dimulai dari AFF.


Jadi, mari selaraskan Mindset dan Tindakan, Banyak orang Indonesia pny mindset tinggi, misal "mau jadi pengusaha sukses" tapi nol tindakan, banyak mengeluh, artinya mindsetnya tidak didukung tindakan yang tepat. Sadar diri, kita di Asean dan sumber daya nya level bawah, jalan kita untuk sukses tidak bisa langsung tiru negara besar, Jangan sampai sibuk bermimpi karena mindset tinggi, kita malah tertinggal makin jauh dari Thailand/Vietnam yang prinsipnya "step by step"


Source: @hantamfootball



(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close