Pembinaan Pemain di PSSI dan SSB perlu dievaluasi


PEMBINAAN PEMAIN DI PSSI DAN SSB PERLU DIEVALUASI


FORDIASI.COM | SEPAK BOLA - Pemain belia Indonesia biasanya telah diberikan tekanan berlebih sejak masih di SSB. Pemandangan pelatih dan orang tua yang justru jadi biang kerusuhan di pertandingan usia dini sudah lumrah terjadi.


Anak-anak seharusnya dibiarkan menikmati sepak bola tanpa perlu terbebani untuk selalu menang di setiap pertandingan, ada visi, mental dan kreativitas yang harus dibangun sejak dini, anak tak siap dengan tekanan harus menang, hingga cenderung berusaha bermain aman, tak berani berkreasi dan abaikan aspek taktikal.


Tekanan berlebih untuk menang pada seorang pesepakbola muda akan membuatnya beranjak dewasa dengan memahami sepak bola sebagai sebuah tekanan, kewajiban atau sebuah misi ketimbang sebuah pekerjaan yang menyenangkan, kehilangan sense "menyenangkan" bagi seorang pesepakbola dapat menghambat perkembangannya karena secara mental, ia terus merasa tertekan saat proses menuju dewasa.

$ads={1}


Mungkin, ini yang kemudian membuat banyak pemain muda Indonesia gagal dalam transisi menuju usia senior, selain tuntutan "menangan", keluarga dan pelatih lokal mayoritas ajarkan pada mereka keutamaan peroleh gaji tinggi dan tak perlu capek ke luar negeri. Pemain muda tak banyak yang punya "privilege" untuk tentukan pilihan sendiri karena tekanan sekitarnya.


Mirisnya, saat mereka memilih main di Liga Lokal, PSSI tak mampu berikan wadah kompetisi yang sehat bagi mereka, sementara klub juga lamban dalam moderniasi pola latihan dan fasilitas, alhasil , pemain lokal terlihat bagus saat duel sesamanya (di Liga 1) dan terlihat tak kompeten di Laga Internasional.


2010, Pemain lokal ISL yang bermain di Piala AFF tampil memukau, tapi kini pemain lokal terlihat payah, artinya, pembinaan dan kompetisi negara tetangga berkembang, sementara kita jalan di tempat atau malah mundur, kini kita tunggu, bagaimana respon PSSI dalam mengejar ketertinggalan.


Source: @hantamfootball


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close