Pencak Silat: Asal Usul, Pengertian, Istilah dan Aspeknya


PENCAK SILAT: ASAL USUL, PENGERTIAN, ISTILAH DAN ASPEKNYA


FORDIASI.COM | INFORMASI - Pencak silat merupakan adat asli dari negeri Indonesia. Pencak silat sendiri jua menggambarkan kesenian membela diri yang sudah diakui oleh dunia. Pencak silat jua ialah olahraga yang sudah diwariskan oleh kakek moyang dari generasi ke generasi.


Mengutip dari halaman Direktorat SMP, budaya pencak silat berasal dari Sumatra Barat & Jawa Barat. budaya ini setelah itu dibesarkan di bermacam wilayah di tanah air. Pencak silat dari berbagai wilayah mempunyai karakteristik gerakan & irama penggiringnya masing- masing,


Terdapat hal membanggakan dari budaya pencak silat yakni sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2019. Penobatan itu dilakukan di kegiatan Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang terjadi di Kolombia.


Pencak silat sendiri sudah diakui oleh Unesco & jadi bukti diri sekaligus pemersatu bangsa. Pencak silat memiliki nilai- nilai pertemanan, perilaku saling menghargai, & jua sportifitas.


Pencak silat merupakan adat asli dari negeri Indonesia. Di Indonesia seni membela diri yang lumayan diketahui lainnya ialah silat. Terdapat perbandingan dari silat dengan pencak pencak. budaya pencak silat yang diusulkan oleh Indonesia lebih fokus pada filosofi sehingga akrab kaitannya dengan gambaran Peninggalan Budaya Takbenda UNESCO buat kemanusiaan.

$ads={1}


Sebaliknya buat silat sendiri diajukan oleh Malaysia selaku warisan dunia lebih ke aspek olahraga membela diri.


Peninggalan Adat Takbenda ataupun intangible cultural heritage ialah peninggalan kultur yang tidak bisa dipegang( karakternya abstrak) seperti skema & teknologi. Bagi UNESCO, Peninggalan Budaya Takbenda merupakan berbagai aplikasi, representasi, ekspresi, wawasan, keahlian, & instrumen, obyek, artefak & ruang- ruang adat terikat dengannya.


Tidak hanya itu, pencak silat Indonesia pula ialah salah satu berolahraga yang mencapai banyak hasil di tingkat universal. sampelnya pada Asian Game 2018 lalu, dari 16 kategori perlombaan cabang olahraga pencak silat, Indonesia sukses bawa 14 medali kencana & 1 medali perunggu.


Jadi pencak silat merupakan adat asli dari negeri Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. sobat fordiasi wajib berbangga akan perolehan itu ya!


Etimologi


Sebutan silat diketahui secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi eksklusif di Indonesia sebutan yang dipakai merupakan pencak silat. Sebutan ini dipakai semenjak 1948 buat mengumpulkan bermacam gerakan seni membela diri konvensional yang bertumbuh di Indonesia.Nama" pencak" dipakai di Pulau Jawa bagian tengah & timur, sementara itu" silat" dipakai di Sumatra, Semenanjung Malaya & Kalimantan. Dalam pertumbuhannya, saat ini sebutan" pencak" lebih mengutamakan faktor seni & performa keelokan aksi, sebaliknya" silat" merupakan inti kaidah bela diri dalam pertarungan.


Istilah dalam Pencak Silat


Silat Betawi saat acara" Palang Pintu" dalam budaya perkawinan Betawi, tengah mempertunjukkan metode kuncian melucuti golok.


Kuda- kuda: merupakan posisi menginjak kaki buat memperkukuh posisi badan. Kuda- kuda yang kokoh & gigih berarti buat menjaga posisi badan supaya tidak gampang dijatuhkan. Kuda- kuda pula berarti buat menahan dorongan atau jadi dasar titik dorong serangan( sepakan ataupun pukulan).


Sikap & Gerak: Pencak silat yakni sistem yang terdiri atas tindakan( posisi) & gerak- gerik( pergerakan). Pada saat seseorang pendekar beraksi kala berkelahi, perilaku & gerakannya berganti mengikuti pergantian posisi rival secara berkesinambungan. Segera sehabis menciptakan kelemahan pertahanan rival, hingga pendekar hendak berupaya menaklukkan rival dengan suatu gempuran yang cepat.


Langkah: Ciri khas dari Silat ialah pemakaian langkah. Langkah ini berguna di dalam permainan silat yang bagus & tepat. Terdapat sebagian pola langkah yang dikenali, sampelnya langkah 3 & langkah 4.


Kembangan: ialah gerakan tangan & tindakan badan yang dilakukan sembari mencermati, mewaspadai gerak- gerik rival, sekalian mengintai antara pertahanan kompetitor. Kembangan penting umumnya dicoba pada mula pertarungan & bisa bertabiat memperkirakan serangan ataupun mengelabui rival. Kerapkali gerakan kembangan silat menyamai tarian ataupun dalam maenpo Sunda menyerupai ngibing( bergoyang). Kembangan merupakan salah satu bagian penilaian penting dalam seni pencak silat yang mengutamakan keelokan gerakan.


Buah: Pencak Silat mempunyai ragam yang banyak dari metode bertahan & menyerang. Dengan cara konvensional sebutan metode ini bisa disamakan dengan buah. Pesilat umum mengenakan tangan, siku, lengan, kaki, dengkul & telapak kaki dalam serbuan. Teknik biasa terhitung tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan tulang sendi, & lain- lain.


Jurus: pesilat berlatih dengan jurus- jurus. Jurus adalah rantaian gerakan dasar buat badan bagian atas & dasar, yang dikenakan sebagai pedoman buat memahami pemakaian teknik- teknik lanjutan pencak silat( buah), dikala dicoba buat belajar dengan cara tunggal ataupun berduaan. Pemakaian tahap, ataupun gerakan kecil badan, mengajarkan pemakaian pengaturan kaki. Dikala digabungkan, seperti itu Dasar Pasan, ataupun gerakan semua badan.


Sapuan & Guntingan: merupakan salah satu kategori buah( teknik) menjatuhkan lawan dengan menyerang kuda- kuda lawan, yaitu menendang dengan menyapu ataupun menjepit( menggunting) kaki lawan, alhasil lawan kehilangan penyeimbang & jatuh.


Kuncian: ialah cara buat mematahkan rival supaya tidak berkutik, tidak bisa beranjak, ataupun buat melucuti senjata lawan. Kuncian menyertakan gerakan menghindar, tipuan, & aksi cepat yang umumnya mengincar pergelangan tangan, lengan, leher, dagu, ataupun pundak lawan.


4 Pandangan Penting dalam Pencak Silat


Ada 4 pandangan penting dalam pencak silat, ialah:


Aspek Mental Spiritual: Pencak silat mendirikan & memajukan karakter & kepribadian agung seorang. Para pesilat & maha guru pencak silat era dulu kerap kali wajib melampaui jenjang semadi, tapa, ataupun pandangan kebatinan lain buat menggapai tingkatan paling tinggi keilmuannya.


Aspek Seni Budaya: kebiasaan & permainan" seni" pencak silat yaitu salah satu pandangan yang amat berarti. Istilah Pencak pada biasanya melukiskan wujud seni tarian pencak silat, dengan nada & pakaian tradisional.

$ads={2}


Aspek Bela Diri: Keyakinan & keseriusan diri yakni amat berarti dalam memahami ilmu membela diri dalam pencak silat. Sebutan silat, mengarah menekankan pada pandangan keahlian teknis membela diri pencak silat.


Aspek Olah Raga: Ini berarti jika aspek fisik dalam pencak silat adalah bernilai. Pesilat berupaya menyesuaikan pikiran dengan olah badan. Pertandingan adalah bagian pandangan ini. Pandangan berolahraga mencakup perlombaan & pertunjukan bentuk- bentuk jurus, bagus buat tunggal, dobel ataupun kelompok.


Bentuk pencak silat & padepokannya( tempat berlatihnya) berbeda satu sama lain, cocok dengan aspek- aspek yang difokuskan. Banyak gerakan yang menciptakan asalnya dari observasi atas perkelahian fauna buas. Silat- silat gembong & monyet yakni ilustrasi dari aliran- aliran itu. Adapula yang berpendapat kalau pandangan membela diri & berolahraga, bagus fisik ataupun pernapasan, ialah awal dari pengembangan silat. teknik olah badan & aspek membela diri inilah yang sudah membuat pencak silat jadi populer di Eropa.


Anak didik ekstrakulikuler pencak silat prsh cilacap selaku salah satu implementasi dalam aspek pendidikan


Bagaimanapun, banyak yang beranggapan kalau pokok- pokok dari pencak silat terhilangkan, ataupun dipermudah, dikala pencak silat bergabung pada dunia olahraga. Oleh sebab itu, beberapa praktisi silat tetap memusatkan pada bentuk tradisional ataupun kerohanian dari pencak silat, serta tidak mengikuti keanggotaan serta peraturan yang ditempuh oleh Persilat, selaku lembaga pengatur pencak silat sedunia. 


Sumber: Berbagai Sumber


(H/S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close