Resep dan Cara Membuat Castella Cake Anti Gagal


RESEP DAN CARA MEMBUAT CASTELLA CAKE ANTI GAGAL


FORDIASI.COM | RESEP MASAKAN - Resep Makanan merupakan salah satu kata kunci paling banyak dicari di google setiap tahunnya. Oleh sebab itu, Blog kami menyediakan berbagai macam jenis resep demi memenuhi kebutuhan para netizen ketika mencarinya. Dari resep masakan, kue, minuman dan yang berhubungan dengan food and beverage.


Sumber dari resep-resep yang kami posting berasal dari Grup-grup Facebook dan platform media sosial lainnya. Tentu isi resep-resep pada blog ini bervariasi dan berbagai macam aneka ragam serta uptodate.


Salah satu resep yang ingin kami bagikan adalah " Resep dan Cara Membuat Castella Cake Anti Gagal "

$ads={1}


Oleh : Albania


Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh


Kali ini saya mau share resep dan cara membuat castella cake. Castella cake nya akan kita buat 2 layer yaitu coklat dan vanilla.


bahan-bahannya cukup ekonomis, namun pada proses pembuatannya, namun letak kesulitannya ada pada proses atau teknik membuat dan memasaknya. Oleh karena itu, perlu untuk kita perhatikan hal-hal berikut ini, 


1. Pastikan  semua bahan sudah disuhu ruang. 


2. Gunakan telur ayam yang masih segar, tandanya, putih telurnya masih kental dan mudah untuk dipisahkan dari kuning telur nya. 


3. Pengadukan putih telur dg mixer, cukup gunakan kecepatan sedang dan hanya sampai soft peak. 


Soft peak adalah istilah untuk tahapan mengocok hingga bentuknya seperti foam lembut atau sering juga disebut dengan “puncak tumpul”, Maksudnya, sewaktu kocokan mixer diangkat, ia akan membentuk puncak tumpul yang mudah terkulai jatuh.


4. Ketika mencampurkan adonan putih telur ke adonan dasar, harus dilakukan dg pelan-pelan, gunakan teknik aduk balik atau aduk lipat, supaya adonan tidak cepat encer dan tidak merusak tekstur dari adonannya. 


5. Lapisi bagian dalam loyang dg kertas roti (baking paper) lebihkan sekitar 1 cm dari tinggi loyang, oles tipis loyang dg margarin supaya kertas roti bisa menepel. 


6. Lapisi bagian bawah/luar loyang dg alumunium foil atau masukkan loyang adonan kedalam loyang yang lebih besar, karena kita akan oven dg menggunakan teknik Au Bein Marie, yaitu direndam dengan air mendidih. Jadi supaya air tidek merembes kedalam adonan dan meredam panas, kita perlu melapisi loyang yang kita gunakan.


7. Suhu oven serta waktu juga sangat berpengaruh, disini saya menggunakan oven MITO MO 777 HIT Oven Listrik Kapasitas 22 Liter, dg suhu 170 derajat celcius selama 70 menit api atas bawah. Suhu serta waktu ini bisa saja berbeda sesuai oven masing-masing. 


8. Jangan lupa untuk berdoa dan baca bismillah 


sebelumnya ya, kalau gagal, coba lagi, saya juga beberapa kali gagal dan akhirnya bisa dengan resep serta cara yang saya share ini.. 


Untuk video lengkapnya bisa dilihat di "Youtube Channel NUR ALBANIA"


Atau klik link berikut ini


https://youtu.be/j4dtC_osPck


bahan-bahan


1.Bahan adonan dasar


- 50 ml minyak goreng

- 70 ml susu full cream

- 60 gram tepung terigu pro rendah

- 4 kuning telur

- 10 gram coklat bubuk

- 1/2 sdt perisa vanilla


2. Bahan maringue.


- 4 putih telur

- 1 sdt air lemon/jeruk nipis

- 1/2 sdt garam

- 70 gram gula pasir


3. bahan taburan : choco chip secukupnya


Cara membuat


- Siapkan loyang ukuran  16x16x7 cm, olesi tipis bagian dalam dg margarin, lalu beri baking paper, lebihkan ujung baking paper sekitar 1 cm lebih tinggi dari pada tinggi loyang, lalu lapisi bagian bawah atau luar loyang dg alumunium foil, atau dimasukkan kedalam loyang yg lebih besar, karena nantinya akan dioven dg teknik Au Bein Marie (silahkan Google yaa apa itu Au Bein Marie) 

$ads={2}


- Campurkan susu full cream, minyak goreng dan tapung terigu, aduk hingga rata, lalu masukkan 1 buah kuning telur, aduk rata, masukkan lagi kuning telur yang kedua, aduk hingga rata, lakukan  hingga keempat kuning telur tercampur ke dalam adonan. 


- Bagi adonan menjadi 2 bagian, 1 bagian ditambahkan coklat bubuk, 1 adonan lagi ditambahkan perisa Vanilla, lalu aduk masing-masing adonan hingga tercampur rata, sisihkan.


- Campurkan semua bahan maringue, kecuali gula pasir, mixer hingga berbusa, lalu masukkan gula pasir secara bertahap, bisa 3-4 tahap, mixer hingga soft peak (bisa google ya soft peak itu seperti apa) 


- Bagi adonan maringue menjadi 2 bagian, 1 bagian dicampurkan kedalam adonan coklat, 1 bagian lagi dicampurkan kedalam adonan vanilla, masukkan secara bertahap, bisa 3-4 tahap, lalu aduk perlahan hingga tercampur rata.


- Ruang adonan coklat kedalam loyang, hentakkan beberapa kali, lalu masukkan adonan vanilla diatas lapisan adonan coklat, masukkan dg menggunakan plastik segitiga supaya lebih mudah untuk diaplikasikan. 


- Lalu buat motif dg menggunakan tangkai sendok dengan cara, tusukka ujung sendok kedalam adonan hingga kedasar loyang, lalu tarik sendok, lakukan disekeliling loyang dan juga dibagian tengah loyang.


- Lalu taburi adonan dg choco chip secukupnya. 


- Siapkan oven yang telah dipanaskan  sebelumnya, gunakan loyang besar yang biasanya bawaan dari oven, isi loyang tersebut dg air hingga setengah penuh, lalu masukkan loyang yang berisi adonan kedalam loyang besar yang berisi air tadi, panggang disuhu 165 derajat celcius selama 60 menit atau sesuai oven masing-masing. 


- Setelah matang, angkat adonan, keluarkan dari loyang, lepaskan kertas rotinya, dan tunggu hingga dingin, lalu dipotong sesuai selera.. 


selamat mencoba yaa..


Demikian resep " Resep dan Cara Membuat Castella Cake Anti Gagal yang dapat kami bagikan


Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan selamat praktek di rumah ~


- Fordiasi, Forum Media Informasi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
close